Timnas negara-negara unggulan mencatat kemenangan pada matchday pertama fase grup Euro 2024 yang rampung pada Rabu dini hari WIB.
 
Dimulai dari tuan rumah Jerman hingga negara-negara unggulan seperti Spanyol, Italia hingga Portugal tercatat mampu mengemas tiga poin.
 
Sementara itu nasib berbeda didapatkan oleh satu negara unggulan yaitu Belgia yang tercatat harus takluk dari Slovakia dengan skor tipis 0-1.
 
Berikut rekap matchday pertama Euro 2024:
 
Grup A
 
Pada matchday pertama Grup A, tuan rumah Jerman sukses mengawali perjalanan mereka di Euro 2024 lewat kemenangan meyakinkan 5-1 atas Skotlandia di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Jumat lalu.
 
Pada pertandingan ini kemenangan Jerman hadir berkat gol-gol Florian Wirtz, Jamal Musiala, Kai Havertz, Nicolas Fullkrug dan Emre Can, sedangkan Skotlandia sempat memperkecil ketertinggalannya melalui gol bunuh diri Antonio Rudiger.
 
Sementara itu, pada pertandingan Grup A lainnya, Swiss mampu menaklukkan Hongaria dengan skor 3-1 di Stadion RheinEnergie, Cologne, Sabtu.
 
Swiss mengamankan kemenangan lewat gol Kwadwo Duah, Michel Aebischer dan Breel Embolo, sedangkan Hungaria sempat membalas lewat Barnabas Varga.
 
Hasil-hasil ini membuat Jerman berada di peringkat pertama klasemen sementara Grup A dengan tiga poin dari satu laga, diikuti Swiss, Hongaria lalu Skotlandia.
 
Hasil pertandingan matchday pertama Grup A:
 
Jerman 5 - 1 Skotlandia
 
Hongaria 1 - 3 Swiss
 
Klasemen sementara Grup A:
 
No Negara Main SG Poin
1 Jerman 1 4 3
2 Swiss 1 2 3
3 Hongaria 1 -2 0
4 Skotlandia 1 -4 0
 
Jadwal pertandingan matchday kedua Grup A:
 
Rabu (19/6)
 
Jerman vs Hongaria 23.00 WIB
 
Kamis (20/6)
 
Skotlandia vs Swiss 02.00 WIB

Grup B
 
Sementara itu di Grup B, Spanyol mampu memenangkan pertandingan kontra Kroasia dengan skor meyakinkan 3-0 di Stadion Olympiastadion, Berlin, Sabtu.
 
La Furia Roja sukses mengamankan kemenangan berkat gol-gol dari Alvaro Morata, Fabian Ruiz dan Dani Carvajal.
 
Selanjutnya ada pertandingan di mana Italia yang mampu mengalahkan Albania dengan skor tipis 2-1 lewat gol-gol Alessandro Bastoni dan Nicolo Barella, setelah sempat tertinggal akibat gol Nadim Bajrami.
 
Pada klasemen sementara Grup B, Spanyol berada di puncak klasemen sementara dengan tiga poin, disusul Italia, Albania dan Kroasia.
 
Hasil pertandingan matchday pertama Grup B:
 
Spanyol 3 - 0 Kroasia
 
Italia 2 - 1 Albania
 
Klasemen sementara Grup B:
 
No Negara Main SG Poin
1 Spanyol 1 3 3
2 Italia 1 1 3
3 Albania 1 -1 0
4 Kroasia 1 -3 0
 
Jadwal pertandingan matchday kedua Grup B:
 
Rabu (19/6)
 
Kroasia vs Albania 20.00 WIB
 
Jumat (21/6)
 
Spanyol vs Italia 02.00 WIB

Grup C
 
Selanjutnya di Grup C, Inggris memastikan kemenangan dengan skor tipis 1-0 atas Serbia di Stadion Veltins-Arena, Schalke, Senin.
 
Pada pertandingan tersebut Inggris mampu menaklukkan Serbia berkat gol semata wayang yang dicetak oleh gelandang Jude Bellingham.
 
Sementara itu, pada pertandingan Grup C lainnya, Slovenia mengamankan hasil imbang 1-1 kontra Denmark di Stadion MHPArena, Stuttgart, Minggu.
 
Denmark sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Christian Eriksen, akan tetapi Slovenia dapat bangkit dan menyamakan kedudukan lewat Erik Janza.
 
Pada klasemen sementara Grup C, Inggris berada di posisi pertama dengan tiga poin dari satu pertandingan, diikuti Denmark, Slovenia lalu Serbia.
 
Berikut hasil pertandingan matchday kelima Grup C:
 
Serbia 0 - 1 Inggris
 
Slovenia 1 - 1 Denmark
 
Berikut klasemen sementara Grup C:
 
No Negara Main SG Poin
1 Inggris 1 1 3
2 Denmark 1 0 1
3 Slovenia 1 0 1
4 Serbia 1 -1 0
 
Jadwal pertandingan matchday kedua Grup C:
 
Kamis (20/6)
 
Slovenia vs Serbia 20.00 WIB
 
Denmark vs Inggris 23.00 WIB

Grup D
 
Di Grup D, Belanda mengamankan kemenangan tipis dengan skor 2-1 atas Polandia di Stadion Veltins-Arena, Schalke, Senin.
 
Pada pertandingan tersebut, Polandia sempat unggul terlebih dahulu melalui Adam Buksa, namun Belanda dapat bangkit dan membalikkan keadaan berkat gol Cody Gakpo serta Wout Weghorst.
 
Selain itu, ada pertandingan Prancis yang mengamankan kemenangan tipis dengan skor tipis 1-0 atas Austria di Stadion Dusseldorf Arena, Dusseldorf, Selasa, berkat gol bunuh diri Maximilian Wober.
 
Hasil-hasil ini membuat Belanda berada di peringkat pertama klasemen sementara Grup D dengan tiga poin dari satu laga, lalu ada Prancis, Austria lalu Polandia.
 
Berikut hasil pertandingan matchday pertama Grup D:
 
Polandia 1 - 2 Belanda
 
Austria 0 - 1 Prancis
 
Klasemen sementara Grup D:
 
No Negara Main SG Poin
1 Belanda 1 1 3
2 Prancis 1 1 3
3 Polandia 1 -1 0
4 Austria 1 -1 0
 
Jadwal pertandingan matchday kedua Grup D:
 
Jumat (21/6)
 
Polandia vs Austria 23.00 WIB
 
Sabtu (22/6)
 
Belanda vs Prancis 02.00 WIB

Grup E
 
Selanjutnya di Grup E, Romania mengawali perjalanan mereka di Euro 2024 dengan gemilang seusai mengalahkan Ukraina 3-0 di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Senin.
 
Kemenangan Romania atas Ukraina hadir berkat gol-gol yang dicetak oleh Nicolae Stanciu, Razvan Marin serta Denis Dragus.
 
Selain itu, ada pertandingan di mana Belgia yang takluk 0-1 dari Slovakia di Stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, Senin, akibat gol cepat dari Ivan Schranz.
 
Kini Romania berada di peringkat pertama klasemen sementara Grup E dengan tiga poin dari satu laga, diikuti Slovakia, Belgia lalu Ukraina.
 
Berikut hasil pertandingan matchday kelima Grup E:
 
Romania 3 - 0 Ukraina
 
Belgia 0 - 1 Slovakia
 
Klasemen sementara Grup E:
 
No Negara Main SG Poin
1 Romania 1 3 3
2 Slovakia 1 1 3
3 Belgia 1 -1 0
4 Ukraina 1 -3 0
 
Jadwal pertandingan matchday kedua Grup E:
 
Jumat (21/6)
 
Slovakia vs Ukraina 20.00 WIB
 
Minggu (23/6)
 
Belgia vs Romania 02.00 WIB

Grup F
 
Sementara itu di Grup F, Turki mampu menaklukkan negara debutan Georgia dengan skor 3-1 di Stadion Signal Iduna Park, Selasa.
 
Kemenangan Turki hadir berkat gol-gol yang dicetak Mert Muldur, Arda Guler dan Kerem Akturkoglu, sedangkan Georgia sempat menyamakan kedudukan lewat Georges Mikautadze.
 
Selanjutnya ada pertandingan Portugal menghadapi Republik Ceko yang mampu dimenangkan Selecao dengan skor 2-1 di Stadion Redbull Arena, Leipzig, Rabu.
 
Sempat tertinggal dari Republik Ceko akibat gol Lukas Provod, Portugal dapat membalikkan keadaan melalui gol bunuh diri Robin Hranac serta gol Francisco Conceicao.
 
Hasil-hasil ini membuat Turki berada di peringkat pertama klasemen sementara Grup F dengan tiga poin dari satu laga, diikuti Portugal, Republik Ceko dan Georgia.
 
Berikut hasil pertandingan matchday pertama Grup F:
 
Turki 3 - 1 Georgia
 
Portugal 2 - 1 Republik Ceko
 
Klasemen sementara Grup F:
 
No Negara Main SG Poin
1 Turki 1 2 3
2 Portugal 1 1 3
3 Republik Ceko 1 -1 0
4 Georgia 1 -2 0
 
Jadwal matchday kedua Grup F:
 
Sabtu (22/6)
 
Georgia vs Republik Ceko 20.00 WIB
 
Turki vs Portugal 23.00 WIB.
 

Baca juga: Kroasia versus Albania: Pertarungan untuk jaga asa ke fase gugur

Baca juga: Roberto Martinez kantongi kekuatan Republik Ceko

Pewarta: Aldi Sultan

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024