Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kalimantan Barat, Windy Prihastari mengatakan, Kalbar kembali mencatat sejarah gemilang di dunia olahraga Internasional dengan keberhasilan tiga atletnya yang lolos ke Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024.

"Ketiga atlet asal Kalbar tersebut antara lain, Bernard Benyamin Van Aert yang lolos ke Olimpiade untuk cabang Olahraga Balap Sepeda, kemudian Veddriq Leonardo di cabang olahraga Panjat Tebing dan Fauzi Purwolaksono di cabang olahraga Para Athletics," kata Windy Prihastari, di Pontianak, Minggu.

Atas prestasi tersebut, Windy menyampaikan kebanggaannya terlebih, Bernard Benyamin Van Aert memastikan tiket ke Olimpiade Paris 2024 setelah serangkaian prestasi gemilang di cabang balap sepeda.

Sementara itu, Veddriq Leonardo memastikan keikutsertaannya di Olimpiade setelah berhasil menjuarai kualifikasi keduanya di kelas Man Speed Panjat Tebing yang diadakan di Budapest, Hungaria, pada  22 Juni 2024.

"Keberhasilan ini menegaskan dominasinya di ajang panjat tebing Internasional," tuturnya.

Sedangkan Fauzi Purwolaksono, atlet Para Athletics, berhasil meraih tiket ke Paralympic Paris 2024 setelah menjuarai Lempar Lembing di Para Athletics World Championship yang diselenggarakan di Kobe, Jepang.

"Prestasi ini menambah kebanggaan bagi Indonesia, khususnya Kalimantan Barat, di kancah olahraga dunia," kata Windy.

Windy Prihastari menambahkan, keberhasilan mereka adalah hasil dari kerja keras, dedikasi, dan dukungan penuh dari berbagai pihak. Untuk itu, dirinya berharap para atlet dapat memberikan penampilan terbaik mereka di Paris dan mengharumkan nama Indonesia dan Kalbar khususnya.

"Dengan pencapaian ini, Kalimantan Barat semakin menunjukkan kualitas atlet-atletnya di panggung olahraga internasional. Seluruh masyarakat Kalimantan Barat diharapkan memberikan dukungan penuh agar para atlet ini bisa meraih prestasi tertinggi di Olimpiade dan Paralympic Paris 2024," kata Windy.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024