Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat telah 100 persen menyerahkan dana hibah senilai Rp39,7 miliar kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kubu Raya untuk pelaksanaan Pilkada 2024.
 
"Untuk dana pilkada sudah semua atau 100 persen diserahkan kepada KPU Kubu Raya," ujar Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya, Kasiono di Sungai Raya, Selasa.
 
Kasiono mengatakan Pemkab Kubu Raya telah merampungkan kucuran dana hibah senilai Rp39,7 miliar tersebut pada pertengahan Juni 2024.
 
"Pada minggu kedua di bulan Juni sudah 100 persen diserahkan," tuturnya.
 
Ia pun menjelaskan sesuai dengan aturan yang berlaku, Pemkab Kubu Raya sebelumnya berkewajiban untuk mengucurkan dana sebesar 40 persen untuk tahap pertama, dan dilanjutkan sisanya 60 persen.
 
"Nah kewajiban pemkab itu ditahap pertama harus menyampaikan 40 persen ke KPU, tahap pertama baru disetor dan masuk rekening KPU itu sekitar Rp7 miliar baru dicicil lagi Rp8 miliar, jadi tidak sekaligus," ujarnya.
 
Ia pun mengatakan untuk 60 persen sisanya juga dicicil, dan digunakan sesuai dengan kebutuhan Pilkada 2024, karena itu KPU Kubu Raya tetap dapat menjalankan persiapan pelaksanaan Pilkada mendatang.
 
Menurut Kasiono, jika pihaknya kini sedang fokus untuk melaksanakan semua rangkaian tahapan pilkada yang hanya hitungan bulan ini.
 
"Bahwa dana hibah anggaran Pilkada Kubu Raya sudah tersampaikan semua oleh Pemda Kubu Raya, dan KPU Kubu Raya sekarang fokus melaksanakan semua kegiatan dan tahapan pilkada," ucapnya.
 
Dana hibah Pilkada 2024 ini sebelumnya telah disetujui oleh Pemkab Kubu Raya dan sejak 12 Juli 2023 lalu dana pilkada telah disepakati yang nilainya Rp39,7 miliar, berasal dari APBD Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.
 
Pj Bupati Kubu Raya, Sy Kamaruzaman menegaskan komitmennya sebagai kepala daerah untuk menyukseskan pesta demokrasi pada November mendatang.
 
Ia mengatakan jika anggaran ini adalah kewajiban. Dan pihaknya memprioritaskan penyelenggaraan agenda politik lima tahunan ini karena merupakan potret Kubu Raya untuk lima tahun ke depan.

 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024