Penjabat Bupati Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo Sila Botutihe mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan warga setempat untuk menggelar doa tolak bala dan sholat Ghaib bagi seluruh korban tanah longsor di Gorontalo.

"Saya mengajak para pejabat, seluruh aparatur termasuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), honorer, camat, kepala desa, pengurus-pengurus masjid dan seluruh warga untuk menggelar doa tolak bala dan melaksanakan sholat ghaib," kata Sila di Gorontalo, Jumat.

Imbauan tersebut kata Sila bersifat penting untuk menindaklanjuti surat Gubernur Gorontalo Nomor: 800/1832/PemKesra Tanggal 11 Juli 2024, tentang imbauan untuk melaksanakan doa bersama agar Gorontalo terhindar dari marabahaya, bencana, serta musibah.

"Saya sendiri meminta para camat agar menginstruksikan kepada seluruh kepala desa dan pengurus masjid untuk melaksanakan di seluruh masjid di wilayah masing-masing. Termasuk melaksanakan sholat ghaib untuk korban bencana alam di seluruh wilayah Gorontalo," katanya.

Pelaksanaan doa bersama dan sholat tersebut agar digelar usai pelaksanaan sholat Jumat.

Ia berharap instruksi tersebut dapat digelar sebagai upaya meminta pertolongan dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa untuk keselamatan daerah dan masyarakat.

Sila pun meminta setiap warga untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang sedang melanda daerah itu.

"Hindari berada di luar rumah mengingat curah hujan masih tinggi disertai angin kencang. Termasuk  berupaya menghindari wilayah rawan longsor maupun pohon tumbang," katanya.

Ia juga mengimbau agar seluruh warga dapat bergotong royong membersihkan lingkungan, mengolah sampah dengan tepat dan tidak membuang sampah di sungai, serta membersihkan saluran air yang tersumbat.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024