PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Barat melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sanggau mengalirkan listrik untuk 13 desa di Kabupaten Sintang Jumat (02/08).

Hal ini membuat Sebanyak 2767 warga bersuka cita karena bisa menikmati listrik PLN saat menjelang Hut Kemerdekaan RI ke 79.

Manager PLN Sanggau Hendy Gita menjelaskan  langkah ini merupakan wujud kehadiran negara dan PLN dalam memberikan akses listrik yang merata bagi seluruh Masyarakat. Khususnya di wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Akses listrik menjadi kebutuhan penting bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan dukungan dari pemerintah, PLN terus mengupayakan pembangunan kelistrikan di daerah tersebut sebagai wujud pengamalan sila kelima Pancasila, yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ungkap Hendy

Selanjutnya Hendy menjelaskan Untuk menerangi 13 Desa ini PLN membangun infrastruktur jaringan berupa Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 52,74 KMS, Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 101,23 KMS, Gardu Distribusi sebanyak 24 buah dengan total kapasitas 2230 kVa, yang terhubung dengan sistem kelistrikan khatulistiwa.

Kepala Desa Gandis, Martono mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada PLN yang telah berjuang dengan ikhlas dalam menerangi desa kami, sehingga impian masyarakat yang sudah puluhan tahun menunggu kehadiran listrik akhirnya tercapai.

“Diharapkan dengan adanya akses listrik yang memadai ini, tak hanya memenuhi kebutuhan energi masyarakat desa, melainkan juga dapat dimanfaatkan untuk kemajuan dan pemutaran ekonomi daerah,” kata Martono.

Aloy salah satu warga desa mengungkapkan kegembiraan dan harunya mengucapkan terima kasih kepada PLN dan Pihak-pihak yang telah membantu pembangunan listrik.

“Kurang lebih 36 tahun kami impikan listrik, setelah menunggu lebih 1 thn 4 bulan dari proses pengajuan lisdes akhirnya listrik di desa kami di bangun, terimakasih bantuan dari semua pihak terutama PLN dalam pembangunan listrik desa kami," kata Aloy.

Sementara itu di Ruang kerjanya General Manager PLN UID Kalimantan Barat Joice Lanny Wantania mengatakan PLN berkomitmen turut serta dalam pembangunan di Kalimantan Barat dengan menghadirkan listrik di desa sehingga mampu menunjang peningkatan kesejahteraan, perekonomian, pendidikan serta memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi.

"Semoga dengan masuknya listrik PLN ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat," harap Joice.

Pewarta: Rilis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024