Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Barat (Kalbar) menyalurkan dana bantuan kepada sejumlah instansi yang ada di daerah ini untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daera (Pilkada) serentak di provinsi itu.

"Kesbangpol berperan penting dalam mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak di Kalbar 2024. Sebagai bagian dari tanggung jawabnya, Kesbangpol menyediakan berbagai dukungan, termasuk dukungan finansial, kepada sejumlah lembaga dan organisasi," kata Kepala Kesbangpol Kalbar, Manto di Pontianak, Selasa.

Dia menjelaskan, pihaknya mengalokasikan dana anggaran secara signifikan untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar sebesar Rp297 miliar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) lebih dari Rp70 miliar, Kepolisian Daerah (Polda) Kalbar lebih dari Rp25 miliar, dan Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura sekitar Rp15 miliar.

"Dukungan finansial sesuai APBD ini bertujuan untuk memastikan bahwa Pilkada serentak dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan damai," tuturnya.

Selain itu, Kesbangpol Kalbar juga memberikan bantuan finansial kepada berbagai organisasi masyarakat (ormas) di daerah tersebut.

"Termasuk beberapa ormas yang terkait, seperti Forum Pembauran Kebangsaan yang beranggotakan perwakilan dari 24 paguyuban etnis se-Kalimantan Barat. Kami melakukan berbagai kegiatan melalui pendekatan agama ke Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dengan tujuan menyukseskan dan menyosialisasikan Pilkada serentak agar dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan damai," katanya.

Untuk ormas-ormas tersebut, Kesbangpol Kalbar secara rutin menyediakan bantuan setiap tahun, baik saat ada Pilkada maupun tidak. Misalnya, Forum Pembauran Kebangsaan menerima Rp150 juta, dan Forum Kerukunan Umat Beragama mendapatkan antara Rp100 juta hingga Rp200 juta.

"Sesuai dengan amanah yang diemban, kegiatan-kegiatan tersebut diformat dalam sosialisasi untuk mewujudkan Pemilu damai di Kalimantan Barat, yaitu Pemilu yang bersih, profesional, dan bebas dari kecurangan," katanya.

Dukungan finansial dari Kesbangpol Kalbar ini diharapkan dapat membantu semua pihak terkait dalam melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga tujuan bersama untuk memilih pemimpin berkualitas dapat tercapai.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024