Rumah BUMN Aceh melibatkan 75 usaha mikro kecil menengah (UMKM) menyambut para kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan pulang ke kota masing-masing dengan beragam produk khas Tanah Rencong itu di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar.

CEO Rumah BUMN Aceh Helmi Fadli di Aceh Besar mengatakan penyambutan kontingen tersebut dikemas dalam Rumah BUMN Aceh Festival 2.0 di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar, dalam rangka memberikan pengalaman unik kepada para kontingen.

"Festival ini merupakan aksi nyata BUMN dalam membuka akses bagi UMKM Aceh ke pasar nasional sekaligus memberikan customer experience melalui beberapa hiburan kepada para pengunjung, khususnya kontingen PON XXI," kata Helmi di Bandara SIM, Rabu.

Festival tersebut resmi dibuka oleh General Manager Kantor Cabang Bandara SIM PT Angkasa Pura Indonesia oleh Teguh Darmawan Saiman.

Rumah BUMN Aceh Festival berlangsung 17-21 September 2024, sehingga para penumpang memiliki kesempatan untuk membeli dan menikmati produk khas Aceh sebelum meninggalkan daerah Serambi Mekkah.

Kata Helmi, 75 UMKM yang berpartisipasi tersebut menghadirkan lebih dari 175 jenis produk unggulan khas Aceh yang difasilitasi oleh Rumah BUMN Sabang, Takengon, Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Tamiang, dan BSI UMKM Center.

"Produk-produk yang dipamerkan meliputi kerajinan tangan, makanan dan minuman khas, pakaian tradisional, serta produk seni yang mencerminkan kekayaan budaya Aceh," ujarnya.



CFO Rumah BUMN Aceh Salman menambahkan acara ini merupakan kolaborasi Rumah BUMN Aceh dengan Bank Syariah Indonesia (BSI), Perusahaan Listrik Negara (PLN), Telkom, dan Angkasa Pura Indonesia.

"Salah satu dukungan yang menarik adalah pemberian voucher belanja Rp10ribu dengan melakukan transaksi QRIS Rp1 menggunakan BSI mobile," ujarnya.

Dengan adanya acara ini, diharapkan para atlet dan ofisial PON XXI tidak hanya membawa pulang medali dan prestasi, tetapi juga kesan mendalam tentang keramahan serta kekayaan budaya Aceh.

Sementara itu, General Manager Kantor Cabang Bandara SIM PT Angkasa Pura Indonesia Teguh Darmawan Saiman mengharapkan melalui Rumah BUMN Aceh Festival, para tamu dapat merasakan kekayaan budaya Aceh dan membawa pulang produk-produk terbaik dari daerah ini sebagai kenang-kenangan.

"Kami juga berharap event ini dapat membantu meningkatkan perekonomian lokal melalui promosi UMKM," katanya.



 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024