Sebanyak lima orang yang terdiri dari tiga akademisi dan dua orang profesional dipilih menjadi panelis debat pemilihan bupati dan wakil bupati Kubu Raya Kalimantan Barat yang akan digelar pada 30 Oktober 2024.

"Ada lima panelis yang dipilih untuk memberikan pertanyaan kepada pasangan calon tentang pandangan dan rencana mereka untuk membangun daerah" kata Ketua KPU Kubu Raya Kasiono di Kubu Raya, Rabu.

Adapun panelis tersebut terdiri dari berbagai profesi antara lain Prof Chairil Effendi, Prof Eddy Suratman, Rosadi Jamani, Moch Andri WP, dan Muhammad.

Ia pun menjamin jika panelis yang ditunjuk memiliki integritas tinggi dan dapat memberikan pertanyaan yang pas untuk pasangan calon.

"Salah satu surat pernyataan yang ditandatangani tim perumus dan panelis adalah surat integritas agar tidak terlibat sebagai tim atau kecenderungan pada pasangan calon. Kemudian tidak melakukan kegiatan menginformasikan apa yang dilakukan termasuk hasil yang dibahas dalam pertanyaan itu," katanya.

Debat dijadwalkan berlangsung dengan durasi 180 menit, 30 menit untuk iklan layanan masyarakat dan 150 menit untuk debat. Untuk peserta masing-masing pasangan calon dibatasi menjadi 75 orang.

Ada enam tema yang diangkat dalam debat yakni tata kelola pemerintahan, pembangunan ekonomi, infrastruktur, pelayanan publik dan kebutuhan dasar, mitigasi bencana, serta penegakan hukum dan pencegahan penyalahgunaan narkoba. Tema ini akan dibagi dalam enam segmen yang akan dipandu oleh moderator. 

Ketua Divisi SDM, Parmas dan Sosdiklit KPU Kabupaten Kubu Raya, Syaiful Maulana menyatakan debat publik ini hanya dilakukan sekali. 

Walaupun sekali, ia mengatakan siaran debat akan diputar ulang di lembaga penyiaran publik pada tanggal 10 dan tanggal 20 November 2024.

Pemilihan bupati dan wakil bupati Kubu Raya 2024 diikuti oleh tiga pasangan calon. Pasangan calon nomor urut 1 adalah Rosalina dan Marijan, nomor urut 2 Sujiwo dan Sukiryanto dan nomor urut 3 Rusman Ali-Mochammad Fachri.

Paslon Rosalina dan Marijan diusung oleh PKB dan Golkar, Sujiwo dan Sukiryanto diusung oleh PAN, PPP, PDI Perjuangan dan Demokrat sedangkan Rusman Ali dan Mochammad Fachri diusung oleh NasDem, PKS dan Gerindra.

Pewarta: Ridho Panji Pradana

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024