Pontianak, 1/4 (ANTARA) - Lima partai yakni PAN, PPP, PKS, PBR dan Hanura sepakat membentuk koalisi untuk menghadapi Pemilihan Gubernur - Wakil Gubernur Kalimantan Barat yang akan diselenggarakan pada bulan September mendatang.

"Dengan adanya koalisi ini, sesuai dengan UU Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang disempurnakan dengan UU Nomor 12 Tahun 2008, maka kami sudah memenuhi persyaratan untuk mencalonkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat periode 2013-2018 sebagai partai pengusung," kata Ketua DPW PAN Kalbar Ikhwani A Rachim, di Pontianak, Minggu.

Dari lima partai tersebut, Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang menyatakan diri bergabung pada saat terakhir koalisi akan di deklarasikan.

Ikhwani menjelaskan, saat ini, DPW PPP Kalbar memiliki lima kursi di DPRD Kalbar, kemudian DPW PAN empat kursi, DPW PKS empat kursi, DPW PBR dua kursi dan Hanura empat kursi.

"Total semua kursi yang ada dari koalisi partai ini berjumlah 19, sehingga sudah sangat layak untuk mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalbar," katanya.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Kalbar Fatahillah Abrar mengatakan, dalam rentang waktu mulai disepakati kesepahaman itu, hingga memasuki masa akhir pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang ditetapkan oleh KPU Kalbar, koalisi itu masih terbuka kepada partai politik lainnya yang ingin bergabung atas dasar kesepahaman bersama.

"Koalisi ini sifatnya terbuka dan apabila setelah penandatanganan risalah ini ada partai politik yang akan bergabung, risalah ini bisa disempurnakan lagi," katanya.

(T011)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012