Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kubu Raya melatih pembudidaya ikan yang ada di kabupaten itu untuk membuat pakan ikan secara mandiri.

"Kita saat ini berupaya untuk meningkatkan efektivitas penyelenggaraan pelatihan pembuatan pakan alternatif guna mendukung sinergitas program pembangunan perikanan dan kelautan di Kubu Raya," kata Kepala BP4K Kubu Raya Rajudin Samad di Sungai Raya, Rabu.

Dia mengatakan, dengan adanya pelatihan itu diharapkan para pembudidaya ikan yang ada di Kubu Raya bisa meningkatkan fungsi dan peran kelompok pembuat pakan alternatif dalam menunjang kebutuhan pakan bagi pembudidaya ikan.

Pelatihan ini juga diharapkan dapat menciptakan mekanisme kerja sama kemitraan antara penyuluh perikanan dan kelompok-kelompok pembuat pakan ikan alternatif.

"Kegiatan pelatihan pembuatan pakan ikan alternatif itu diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari enam kecamatan yang dicanangkan sebagai kawasan minapolitan di Kubu Raya. Dalam kegiatannya, peserta mendapatkan materi bagaimana mengelola pembuatan pakan alternatif, penyusunan formula pakan dari bahan lokal dan menentukan nutrisi pakan dengan menggunakan rumus serta praktik pembuatan pakan alternatif," tuturnya.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012