Jakarta (ANTARA Kalbar) - Setelah sempat tidak direstui untuk melakukan penawaran saham perdana (IPO), kini pemerintah memberikan lampu hijau kepada PT Pegadaian Persero untuk mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun ini.

"Yang akan IPO selain PT Semen Baturaja Persero, ada Pegadaian tahun ini," kata Deputi Menteri BUMN bidang Privatisasi dan Perencanaan Strategis Pandu Djayanto di kantor Kementerian BUMN, Jumat.

Pandu mengungkapkan persetujuan dilangsungkannya IPO Pegadaian ini mengingat dana murah di perusahaan gadai menggadai ini sudah sangat besar, sehingga dapat disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan dan Pegadaian dapat bersaing dengan perbankan.

Menteri BUMN Dahlan Iskan berjanji memberikan persetujuan IPO Pegadaian Persero apabila perseroan ini dapat menurunkan suku bunga serta tetap mempertahankan nasabah golongan bawah.

Dahlan menambahkan nasabah Pegadaian yang kurang mampu saat ini sekitar lima persen. Apabila Pegadaian berkeinginan untuk menawarkan sahamnya ke publik, maka Pegadaian harus menjaga kebutuhan nasabah golongan tersebut.

 (KR-SSB)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012