Pontianak (ANTARA Kalbar) - Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, Karyanti Sanjaya, meminta pengelola taman kanak-kanak maupun pendidikan anak usia dini jangan mementingkan keuntungan semata.

"Penanganan pendidikan anak usia dini yang tepat sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Jadi, jangan pentingkan keuntungan semata, tetapi lebih kepada nilai dan kehidupan akhlak yang baik," kata Karyanti Sanjaya saat HUT ke-55 Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (Goptki) di Pontianak, Selasa.

Menurut dia, penanganan pendidikan pada masa usia dini membutuhkan upaya yang serius, mengingat di masa-masa inilah pembelajaran nilai-nilai kebersihan, kesehatan, moral, sosial dan hidup bermasyarakat dikenalkan.

Ia melanjutkan, secara organisasi, keberadaan Goptki mempunyai peran penting dan strategis sebagai tempat berhimpunnya organisasi penyelenggara taman kanak-kanak.

Selain itu, ia menambahkan, Goptki memiliki kontribusi bahkan menjadi penentu dalam menentukan kualitas generasi bangsa pada masa yang akan datang.

Sementara itu Ketua DPD Goptki Kalbar, Ratna Yuniar M Zeet mengatakan, berbagai macam terobosan bisa dilakukan oleh jajaran pengurus untuk meningkatkan SDM tenaga pendidik, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di taman kanak-kanak.

"Terobosan itu di antaranya menggelar `workshop` di beberapa kecamatan," kata Ratna Yuniar M Zeet.

Ia menambahkan, selain sebagai wadah pemersatu organisasi, yayasan dan lembaga pendidikan penyelenggara pendidikan anak usia dini, Goptki juga berkewajiban meningkatkan peran sertanya dalam mencerdaskan bangsa.

Ia berharap, HUT ke-55 Goptki bisa menjadi pendorong agar penyelenggara pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak di Kalbar bisa lebih baik lagi sekaligus memperkuat perannya dalam memajukan bangsa.

***3***

(T.T011/C/H-KWR/H-KWR) 15-05-2012 18:23:01

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012