Pontianak (ANTARA Kalbar) - Kelulusan siswa SMA/SMK/MA Kabupaten Kapuas Hulu dalam ujian nasional tahun 2012 mencapai 99,78 persen dan hanya tiga orang siswa yang tidak lulus.

"Dari urutan kelulusan siswa SMA/SMK/MA se-Kalbar, kita berada di posisi kedua. Ini merupakan suatu prestasi yang sangat membanggakan bagi kabupaten ini," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kapuas Hulu, Antonius, Minggu.

Dia mengatakan, dari 1371 siswa SMA/SMK/MA Kapuas Hulu yang mengikuti UN pada tahun ini, hanya tiga orang siswa yang tidak lulus.

"Prestasi ini jelas sangat membanggakan. Namun, kita tidak akan bisa meraih prestasi tersebut tanpa dukungan dari semua pihak, termasuk sekolah, orangtua siswa dan siswa itu sendiri," tuturnya.

Dia menyatakan, jauh hari sebelum pelaksanaan UN tersebut, pihaknya melalui setiap sekolah telah mempersiapkan berbagai hal dengan matang.

Atas kelulusan tersebut, Disdikpora Kapuas Hulu mengimbau kepada siswa yang berhasil lulus dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Mengenai pembagian ijazah, Anton menegaskan akan sesegera mungkin akan dibagikan.

Dia mengimbau kepada pihak sekolah agar segera mempersiapkan surat menyurat sementara yang diperlukan bagi pelajar yang lulus, agar seluruh siswa yang lulus dapat segera mendaftar ke salah satu perguruan tinggi.

"Misalnya memberikan surat keterangan lulus, ijazah secepatnya akan kita bagikan," katanya.

Dia menjelaskan, dari empat besar tingkat kelulusan se-Kalimantan Barat. Peringkat pertama di raih oleh pelajar SLTA Kabupaten Melawi, peringkat kedua di raih oleh Kabupaten Kapuas Hulu, peringkat ke tiga di raih oleh Kabupaten Sambas dan peringkat empat di raih oleh Kota Pontianak.

"Berkat kelulusan yang menembus 99,78 persen ini membuat peringkat kelulusan pelajar SLTA Kabupaten Kapuas Hulu naik hingga tiga peringkat yakni dari peringkat lima pada tahun lalu menjadi peringkat 2 se-Kalbar," kata Anton.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Jessica Wuysang


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012