Jakarta (ANTARA Kalbar) - Dua agen pemegang merek (APM) di bawah payung PT Astra International, yaitu Toyota Astra Motor dan Astra Daihatsu Motor, sama-sama menikmati peningkatan ekspor tahun ini.

"Produksi Daihatsu mencapai 370.000 unit per tahun dan 51.800 unit dialokasikan untuk pasar ekspor. Daihatsu mengekspor Gran Max ke pasar Jepang dengan nama Toyota Town Ace dan Toyota Lite sebesar 1.000 unit per bulan," kata Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Jakarta, Kamis.

Ekspor produk Daihatsu ke Jepang yang mencapai 51.800 unit itu, menurut Amelia, mencapai 14 persen dari total produksi ADM.

Amelia menambahkan bahwa pertumbuhan ekspor sangat dipengaruhi kapasitas dan permintaan di pasar domestik. Jika permintaan terhadap produk-produk Daihatsu di dalam negeri meningkat, alokasi ekspor akan dikurangi.

"Di dalam negeri, permintaan produk-produk Daihatsu masih sangat besar sehingga kami belum bisa untuk mendorong ekspor lebih banyak. Selama masih banyak inden di dalam negeri, kami akan prioritaskan untuk kebutuhan domestik," katanya.

(SSB)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012