Festival Rendang di Padang, Lazis...

Jumat, 15 Juni 2012 8:56 WIB

Padang (ANTARA Kalbar) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Barat akan menggelar Festival Rendang dan Lomba Cipta Lagu tentang Rendang 2012 pada 25 hingga 27 Juni.

"Festival Rendang ini merupakan satu langkah mempromosikan kuliner khas Sumatera Barat kepada dunia," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Barat Burhasman Bur, di Padang, Jumat.

Menurut dia, dalam festival rendang itu, peserta selain dari kalangan generasi muda juga diikuti peserta dari rantau.

"Dilibatkannya peserta remaja, diharapkan generasi muda Sumatera Barat juga akan lebih mengenal tradisi kuliner," katanya.

Dia menambahkan, Festival Randang akan diikuti oleh peserta yang dibagi menjadi 3 kategori. Yakni, Rang Ranah, Rang Rantau, dan Rang Mudo.

"Yang dimaksud Rang Ranah adalah peserta dari kabupaten/kota se-Sumatera Barat. Sedangkan Rang rantau adalah peserta yang berada di luar Sumatera Barat. Tidak terkecuali apakah dia orang Sumatera Barat asli atau bukan. Kemudian Rang Mudo, adalah peserta dari kalangan remaja Sumatera Barat," jelasnya.

Sedangkan untuk Lomba Cipta Lagu tentang rendang lanjut Burhasman Bur pesertanya berasal dari kalangan umum.

Ia mengatakan, persiapan pantia yang adakan festival Rendang dan lomba Cipta Lagu Rendang secara teknis sudah mencapai 75 persen.

"Persiapan-persiapan lain tinggal konfirmasi tentang peserta yang masih dibuka hingga 20 Juni 2012 ini,"katanya.

Menurutnya, hingga saat ini pihak panitia sudah menerima 62 orang peserta yang mendaftar untuk mengikuti festival rendang ini.

Dari peserta yang mendaftar untuk kategori rantau juga terdapat peserta dari luar negeri. Di antaranya, dari Amerika Serikat dan Brazil. "Sedangkan di luar provinsi ada dari Bali, Yogya dan Riau,"katanya.

Ia mengatakan pada tahun 2011 peserta festival rendang yang diselenggarakan Pemkot Padang pesertanya bahkan ada dari dari luar negeri di antaranya Jerman dan Belanda.

Festival rendang yang digelar pada 2011 tersebut dapat memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia yang diserahkan langsung Presiden Indonesia Book of Record, Paul Winarto.

"Festival rendang dapat memecahkan rekor MURI dimana memproduksi rendang sebanyak 5.200 kilogram," kata Burhasman Bur.

(ANT-ZON)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012

Terkait

Film "Monster" akan hadir di Netflix 16 Mei

Kamis, 25 April 2024 22:26

Naik Dango Suku Dayak di Kota Pontianak

Jumat, 19 April 2024 11:07
Terpopuler