Bandung (ANTARA Kalbar) - Organisasi Islam Muhammadiyah siap memberikan solusi yang membangun untuk kemajuan bangsa Indonesia yang lebih baik,kata Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat, Ayat Dimyati.

"Walaupun dakwah Muhammadiyah itu bersifat kultural, namun semuanya dibaktikan untuk kemajuan bangsa," katanya dalam siaran pers menjelang persiapan sidang Tanwir di Bandung, Selasa.

Menurut dia, banyaknya persoalan bangsa, mulai dari masalah sosial, ekonomi, politik dan budaya tentu memaksa berbagai pihak memberikan kontribusinya secara nyata.

Muhammadiyah, kata Ayat terus berkomitmen untuk senantiasa menjadi bagian dari solusi kemajuan bangsa.

Muhammadiyah yang berusia lebih dari satu abad, kata Ayat dalam pergerakannya selalu menyelaraskan berbagai program Muhammadiyah dengan agenda pemerintah.

Cara yang dilakukan itu,  merupakan upaya Muhammadiyah sebagai organisasi Islam untuk memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Gerakan yang telah dilakukan Muhammadiyah, seperti menerapkan usaha mulai dari bidang pendidikan, sosial, kesehatan hingga ekonomi.

Seluruh bidang yang dijalankan Muhammadiyah, untuk dipersembahkan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Indonesia.

"Jadi Muhammadiyah itu tidak ekslusif, tidak ada amal usaha Muhammadiyah yang hanya diperuntukan bagi warga Muhammadiyah sendiri," kata Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung itu.

Adanya pelaksanaan sidang Tanwir yang akan diselenggarakan di Bandung, 21 hingga 24 Juni 2012 bertemakan "Gerakan Pencerahan Solusi Untuk Bangsa", menurut Ayat cocok dalam situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang masih dihadapkan dengan berbagai masalah.

Ia berharap sidang Tanwir yang akan dibuka secara resmi di gedung Merdeka Bandung, dapat memberikan pencerahan dan solusi untuk bangsa.

Hasil dari kegiatan sidang Tanwir itu, kata Ayat akan mendapatkan banyak rumusan dan solusi kebangsaan untuk Indonesia.

(KR-FPM)
   

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012