Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Tim pembentukan Kabupaten Sentarum menggelar kajian akademis untuk memekarkan kabupaten Kapuas Hulu.

"Kami merasa, Kabupaten Kapuas Hulu sangat luas dan memiliki jumlah kecamatan yang sudah cukup untuk syarat pembentukan kabupaten baru. Hal itu juga perlu dilakukan untuk memperlancar proses pemerintahan, mengingat daerah yang luas ini jelas menyebabkan kurang lancarnya proses pembangunan, khususnya bagi daerah yang jauh dari ibu kota kabupaten Kapuas Hulu," kata Gusti Mustafa, Ketua Tim Pembentukan Kabupaten Sentarum, Kamis.

Dia menjelaskan, Kabupaten Kapuas Hulu Memiliki luas wilayah 29.842 km persegi yang terbagi menjadi 23 kecamatan. Dengan luasan tersebut dan topografi sebagian daerah yang dipisahkan sungai menyebabkan pelayanan pemerintahan kurang maksimal selama ini.

Untuk itu, beberapa tokoh masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu mewacanakan untuk dibentuknya kabupaten baru dengan nama Kabupaten Sentarum. Kabuoaten ini rencananya akan mengambil delapan kecamatan yang ada di Kapuas Hulu, yaitu Silat Hilir, Silat Hulu, Seberuang, Semitau, Suhaid, Selimbau, Jongkong dan Hulu Gurung.

Dia juga mengatakan, pembentukan Kabupaten Sentarum telah diwacanakan sejak tahun 2004 lalu. Kemudian dilakukan penyegaran tim pada tanggal 8 April 2012 di Tepuai.

Hadir saat itu, Ade M Zulkifli, Ketua DPRD Kapuas Hulu serta beberapa anggotanya seperti Abang M Isnandar, Iman Sabirin, Januar dan Effendi. Bahkan hadir pula anggota DPRD Provinsi Kalbar, Suhardi.

"Setelah saya dipercaya menjadi ketua tim, kemudian dibentuk pula tim ditingkat kecamatan delapan calon Kabupaten Sentarum. Selanjutnya tim kecamatan membentuk pokja," katanya.

Peserta seminar diperkirakan 500 undang mulai seluruh kades, BPD, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat di delapan kecamatan calon kabupaten sentarum.

(pso-171

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012