Lima Penyebab Diet Anda Selalu Gagal

Sabtu, 7 Juli 2012 10:10 WIB

Jakarta (ANTARA Kalbar) - Segala cara telah Anda lakukan untuk menurunkan berat badan, namun selalu gagal. Ternyata ada beberapa alasan yang menjadi penyebabnya.

Kebiasaan berpikir bahwa sumber makanan diet yang Anda konsumsi adalah makanan yang tidak mengenyangkan, ternyata memicu otak untuk meningkatkan hormon ghrelin.

"Kelebihan ghrelin akan membuat Anda merasa tidak kenyang dan memberi sinyal pada metabolisme untuk menurunkan metabolisme," ujar peneliti dari Universitas Yale, sebagaimana dikutip dari Health.com

Selain pola pikir, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research, cara Anda membayar belanja bulanan ternyata juga mempengaruhi pola diet.

Orang yang lebih sering membayar belanja bulanan menggunakan kartu kredit, cenderung membeli makanan tinggi kalori, seperti makanan cepat saji. Sementara mereka yang membawa uang tunai, akan membelanjakan uangnya untuk makanan yang lebih sehat.

Kebiasaan bepikir untuk permisif dalam mengkonsumsi makanan tinggi kalori sebagai pengganti energi setelah melakukan olahraga adalah salah.

Penulis The Snack Factor Diet, Keri Glassman, RD, mengatakan bahwa sebaiknya kudapan atau makanan dimakan sebelum melakukan olahraga, dengan jumlah tidak lebih dari 150 kilokalori. Dengan begitu, anda masih memiliki energi setelah berolahraga, sehingga tidak perlu mengkonsumsi makanan tinggi kalori setelahnya.

Alasan lain yang membuat diet Anda gagal adalah, kemungkinan bahwa Anda adalah seorang pekerja berat yang lebih sering duduk manis di hadapan komputer.

Penelitian yang dirilis dalam The American Journal of Clinical Nutrition, menuliskan bahwa duduk manis selama beberapa jam, akan membuat tubuh berhenti memproduksi enzim lipase, atau enzim penghambat lemak.

Berdirilah dan lakukan peregangan setiap satu jam sekali, karena ini akan sangat berguna untuk meningkatkan metabolisme anda hingga 13 persen. Anda juga bisa menggoyangkan kaki anda selagi duduk atau menggoyangkan tubuh anda di kursi, karena kegiatan ini dapat meningkatkan pembakaran kalori hingga 54 persen.
(M048)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012

Terkait

Hindari daging dan gorengan setelah Lebaran

Minggu, 14 April 2024 23:56

Cara hindari obesitas dan jaga berat badan

Kamis, 14 Maret 2024 12:04

Cegah obesitas dengan "mindful eating"

Selasa, 5 Maret 2024 11:47

Minum air dingin bikin gemuk?

Kamis, 29 September 2022 15:42

Ini manfaat diet rendah garam

Sabtu, 13 November 2021 10:29

Terapi dan diet atasi anak ngompol di malam hari

Minggu, 20 Desember 2020 7:56
Terpopuler