Pontianak (ANTARA Kalbar) - Rapat Sosial Ekonomi Malaysia Indonesia ke-28 menyepakati adanya pertukaran informasi hasil penelitian koleksi, buletin, dan katalog bidang kebidayaan yang dimiliki oleh Museum Provinsi Kalbar dan Muzium Sarawak.

"Akan ada kerja sama pertukaran atau pinjaman koleksi atau replika untuk kepentingan pameran, mengikuti pameran-pameran yang diselenggarakan museum kedua belah pihak, dan saling mengundang pelaksanaan event budaya yang diselenggarakan kedua belah pihak," kata Ketua Rapat Tim Teknis, Yusri Zainuddin, di sela pertemuan ke-28 Sosek Malindo di Pontianak, Rabu.

Acara di Kalbar yang menjadi bahan bahasan di sidang tim teknis tersebut antara lain Festival Budaya Bumi Khatulistiwa 2013, Gawai Dayak, Peringatan Titik Kulminasi di Pontianak, Pesta Adat Gawai Adat Dayak di Sanggau, GOWES 153 KM (Tour D'Singkawang 2013) akan dilaksanakan pada tanggal 22-25 Februari 2013, serta pelaksanaan International Borneo Sumpit Tournament (IBOST) tanggal 5-7 Oktober 2012.

Selain itu, disarankan agar Upacara Nyobeng di Kabupaten Bengkayang setiap tanggal 15-16 Juni menjadi salah satu even yang disepakati untuk dipromosikan.

Sementara kegiatan di Sarawak antara lain Borneo Cultural Festival (BFC) di Sibu, World Harvest Festival (WHF) yang merupakan kegiatan tahunan di Kampung Budaya Sarawak, serta Pelaksanaan Sarawak Regatta di Waterfront Sarawak tanggal 14-16 September.

Kedua belah pihak juga sepakat untuk kerja sama perlindungan barang antik/benda cagar budaya berupa mencegah dan membantu dalam menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan benda cagar budaya yang masuk secara ilegal di kedua negara.

Benda-benda cagar budaya yang dimiliki oleh masyarakat akan disosialisasikan agar diberitahukan kepada pihak yang berwenang sesuai peraturan yang berlaku di kedua negara.

"Tim juga mengusulkan kepada Tim Teknis Pencegahan Penyelundupan untuk mencegah keluar masuk barang antik/benda cagar budaya secara ilegal sesuai aturan masing-masing negara," kata Yusri.

Kalbar dan Sarawak juga akan lebih mempromosikan mengenai Sosek Malindo melalui kendaraan umum maupun pribadi.

(T010)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012