Pontianak (ANTARA Kalbar) - Universitas Muhammadiyah Pontianak meraih juara ketiga tingkat nasional dalam Jambore Pusat Informasi dan Konseling Muhammadiyah di Malang, Jawa Timur.

"Ini menunjukkan bahwa Kalbar juga mampu berprestasi secara nasional," kata Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Kalimantan Barat Gugus Suprayitno di Pontianak, Senin.

Menurut dia, keberhasilan PIK Cerita Sahabat Universitas Muhammadiyah Pontianak tersebut tidak terlepas dari persiapan yang cukup matang serta penguasaan materi perlombaan baik yang diberikan di dalam maupun luar kelas.

"Meski masih di bawah PIK Mahasiswa Muhammadiyah Lampung dan Jawa Timur, namun PIK Cerita Sahabat dari Pontianak ini mampu menyelesaikan dan menjawab pertanyaan para juri," kata dia.

Ada sejumlah data yang mendapat penilaian penting yakni penguasaan materi 8 fungsi keluarga, pendewasaan usia perkawinan, TRIAD KRR (kesehatan reproduksi remaja) "life skill" dan yel-yel GenRe (Generasi beRencana).

PIK Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak berhak atas piala, hadiah pembinaan dan piagam penghargaan dari Kepala BKKBN.

Menurut Gugus Suprayitno, Jambore tersebut dilaksanakan sebagai upaya menindaklanjuti nota kesepahaman antara PP Muhammadiyah dengan BKKBN Pusat beberapa waktu lalu.

"Kegiatan ini merupakan kegatan ajang kumpul anggota PIK Mahasiswa Muhammadiyah se-Indonesia dan dimeriahkan dengan perlombaan-perlombaan yang menarik serta para peserta jambore dibekali dengan materi dalam dan luar ruangan," kata Gugus Suprayitno.


(T011)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012