Pontianak, 18/7 (ANTARA) - Wali Kota Pontianak, Rabu, meresmikan gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Sekretariat PKK di Jalan Abdurrahman Saleh Pontianak.

"Saya berharap dengan diresmikannya gedung Dekranasda dan PPK Kota Pontianak, maka ke depannya pembinaan bagi usaha kecil dan menengah (UKM) di Pontianak terus berjalan," kata Sutarmidji seusai meresmikan Gedung Dekranasda dan PPK Kota Pontianak.

Ia berharap, dengan dimilikinya gedung Dekranasda dan PPK yang baru maka UKM yang telah dibina bisa berinovasi dan menghasilkan produk-produk UKM yang mampu menjadi unggulan Kota Pontianak.

"Pontianak tidak memiliki sumber daya alam (SDA) yang ada hanya sumber daya manusia, untuk itu saya berharap SDM yang ada agar lebih kreatif dan pintar sehingga bisa menciptakan lapangan kerja,," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Dekranasda hendaknya lebih aktif lagi dengan menampilkan produk-produk UKM-nya pada pusat pelayanan publik untuk memperkenalkan produk yang dimiliki Kota Pontianak.

"Gerai tersebut bukan untuk memasarkan produk-produk UKM tetapi hanya untuk memperkenalkan produk unggul di Kota Pontianak sehingga semua orang mengetahui produk unggulan kita," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Dekranasda Kota Pontianak Lismaryani Sutarmidji mengatakan, Dekranasda selaku lembaga nirlaba memiliki peran besar dalam memfasilitasi promosi produk-produk UKM, salah satu bentuknya adalah dibuatnya galeri yang berfungsi mempromosikan produk UKM tersebut.

"Galeri ini juga berguna sebagai tempat untuk lebih mengenal hasil kerajinan UKM Kota Pontianak kepada tamu-tamu, instansi pemerintah dan masyarakat umum," katanya.

Saat ini, galeri Dekranasda Kota Pontianak menampilkan berbagai produk-produk UKM unggulan yang dimilikinya, diantaranya kerajinan miniatur Tugu Khatulistiwa, kerajinan meriam karbit, kerajinan akar keladi, kain corak insang, pokok telur, hiasan tudung saji dan tutup toples, tenun kristal dan hasil-hasil kerajinan lainnya. Galeri tersebut dibuka setiap hari mulai jam pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.
(A057)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012