Jakarta (ANTARA Kalbar) - Empat perusahaan jasa pelabuhan Indonesia (PT Pelindo I-IV) bersinergi untuk membentuk anak usaha PT Peti Kemas Indonesia.

"Pembentukan anak usaha Pelindo sudah hampir tuntas," kata Menteri BUMN Dahlan Iskan, usai Rapat Pimpinan dengan direksi PT Kereta Api Indonesia, di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa.

Menurut Dahlan, sinergi pembentukan anak usaha Pelindo tersebut untuk membantu memfasilitasi seluruh bisnis peti kemas di Indonesia.

"Dengan adanya anak usaha Peti Kemas Indonesia, maka aktivitas pelabuhan peti kemas di bawah kendali Pelindo bisa lebih terkoordinasi," ujarnya.

Dengan demikian, kata Dahlan, arus peti kemas di wilayah pelabuhan seperti Medan, Batam, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Sorong dapat dikendalikan di bawah satu payung perusahaan.

"Kecuali yang sudah terlanjur menggunakan jasa peti kemas swata masih harus menunggu proses pengalihan ke dalam PT Peti Kemas Indonesia," ujarnya.

Meski begitu, Dahlan tidak merinci seberapa besar investasi dari masing-masing Pelindo untuk mendirikan anak usaha yang dimaksud.

Ia hanya menjelaskan bahwa Pelindo I-IV memiliki dana yang kuat untuk menyuntik modal perusahaan.

(R017)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012