Pontianak (ANTARA Kalbar) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak menyatakan, hingga saat ini masih membatasi pelayanan untuk permohonan sambungan baru karena kapasitas produksinya baru sekitar 1.200 liter per detik.

"Untuk kapasitas sebesar itu, kami baru mampu melayani sekitar 79 ribu pelanggar yang tersebar di Kota Pontianak," kata Kepala Pelaksana Tugas Direktur PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak Ismail, Senin.

Ia menyatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan peningkatan kapasitas produksi air bersih hingga 1.510 liter per detik sehingga mampu melayani sambungan baru atau melayani daftar tunggu sambungan air baru.

"Kami menargetkan bisa melayani daftar tunggu yang jumlahnya ribuan itu paling lambat akhir tahun 2013," ujarnya.

PDAM Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak saat ini sedang meningkatkan kapasitas pipa distribusi dari sebelumnya 300 liter per detik meningkat menjadi 600 liter per detik, kata Ismail.

Selain melakukan peningkatan pipa distribusi, pihaknya juga sedang melakukan penambahan pompa dari pusatnya di Jalan Imam Bonjol yang kapasitasnya 1.200 liter per detik atau pompa inti, kemudian dilanjutkan dengan pompa dari tempat penampungan air ke pelanggan yang kini dalam proses.

(A057)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012