Jakarta (ANTARA Kalbar) - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengatakan pertumbuhan ekonomi triwulan II pada 2012 mencapai 6,4 persen secara tahunan.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diukur berdasarkan kenaikan PDB dibandingkan dengan triwulan yang sama pada 2011 mengalami pertumbuhan 6,4 persen," ujarnya dalam pemaparan di Jakarta, Senin.

Menurut dia, pertumbuhan tersebut meningkat dibandingkan triwulan I pada 2012 yang hanya mencapai 6,3 persen karena adanya pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang yang mengalami kenaikan secara triwulan sebesar 3,94 persen.

Kemudian, lanjut Suryamin, pertumbuhan meningkat karena adanya kunjungan wisatawan mancanegara yang mencapai 1,97 juta orang atau naik secara triwulan 3,61 persen dan secara tahunan 4,77 persen.

"Percepatan belanja pemerintah termasuk belanja modal pada triwulan II hingga Rp384,5 triliun yang melampaui triwulan II tahun sebelumnya Rp244,9 triliun juga ikut membantu pertumbuhan," ujarnya.

Suryamin menjelaskan catatan peristiwa lain yang ikut mempengaruhi pertumbuhan adalah adanya impor barang modal yang besar sehingga mendorong peningkatan investasi di dalam negeri.

(S034)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012