Pontianak (ANTARA Kalbar) - Persatuan Pelayaran Niaga Indonesia/Indonesian National Shipowners Association (INSA) DPC Kota Pontianak menyatakan, arus pengiriman berbagai kebutuhan pokok dari pulau Jawa ke kota itu sepanjang bulan Ramadhan dan menjelang perayaan Idul Fitri 1433 Hijriah, berjalan normal.

"Dari data kami sepanjang bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, tidak ada kenaikan yang berarti dalam pengiriman berbagai kebutuhan pokok dan barang lainnya dari Pulau Jawa ke Kota Pontianak dan Kalimantan Barat umumnya dan sebaliknya," kata Sekretaris DPC INSA Kota Pontianak Agus Prabowo, Selasa.

Ia menjelaskan, hingga saat ini tidak terjadi penumpukan kontainer maupun antrean kapal menuju Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Pontianak.

"Dari pengamatan kami, tidak ada penumpukan kontainer di Pelindo II Cabang Pontianak, dan kapal-kapal pengangkut kontainer juga tidak tampak antre dalam jumlah yang panjang di alur Sungai Kapuas menuju Pelindo Pontianak," katanya.

Sekretaris DPC INSA Kota Pontianak memprediksi, para pelaku usaha jauh hari sudah mengantisipasi hal tersebut sehingga, meskipun terjadi peningkatan permintaan atas berbagai kebutuhan pokok, stok tetap aman dan ada.

"Yang kami lihat para pelaku usaha jauh hari sudah melakukan penambahan stok, terhitung Mei hingga Juni 2012, sehingga sepanjang bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, mereka tinggal mengeluarkan stok yang ada," ungkapnya.

Hal tersebut dilakukan oleh para pelaku usaha berdasarkan pengalaman-pengalaman tahun-tahun sebelumnya. "Berdasarkan pengalaman itu, mereka kini jauh hari sudah mengantisipasinya dengan mendatangkan berbagai kebutuhan pokok jauh sebelum Ramadhan dan Idul Fitri," kata Agus.

Berdasarkan data INSA Kota Pontianak, mencatat ada sekitar 15 ribu kontainer yang keluar dan masuk di Pelindo II Cabang Pontianak.
(A057)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012