Pontianak (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak, memberikan beasiswa sebesar Rp5 juta kepada 30 alumni siswa/siswi SMA dari keluarga tidak mampu tetapi berprestasi di kota itu untuk biaya masuk ke perguruan tinggi.

"Tahun ini kami baru menganggarkan pemberian beasiswa bagi mereka yang berprestasi agar punya biaya untuk melanjutkan pada jenjang pendidikan perguruan tinggi," kata Wali Kota Pontianak Sutarmidji, Rabu.

Ia menjelaskan, Pemkot Pontianak untuk tahun anggaran 2013 akan menganggarkan lebih banyak lagi untuk pemberian beasiswa bagi siswa/siswi yang berprestasi sehingga bisa melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.

"Rata-rata mereka yang kami berikan bantuan beasiswa itu sudah kuliah, seperti di Universitas Tanjungpura dan sejumlah perguruan tinggi lainnya di Pontianak, bahkan ada yang kuliah di Bandung," ujarnya.

Seperti Esdiana salah seorang alumni SMKN 4 Pontianak yang berasal dari keluarga tidak mampu, kini sudah bisa kuliah di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP-PGRI) Pontianak.

"Apalagi bapaknya sudah meninggal, sementara ibunya hanya sebagai penjual jamu, sehingga sudah sepatutnya mendapat beasiswa. Sementara Esdiana memang siswi yang berprestasi sehingga layak mendapatkan bantuan ini," ujar Sutarmidji.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Pontianak menyatakan, kalau memang siswa yang telah diberikan beasiswa tersebut nantinya berprestasi saat melanjutkan pendidikan pada perguruan tinggi, maka Pemkot Pontianak akan mencarikan jalan keluar lainnya.

"Bisa saja nantinya kami carikan orang tua asuh yang bisa membiayai kuliahnya sehingga tidak sampai putus di tengah jalan akibat tidak punya biaya," ujarnya.

Sutarmidji berharap, ke depan bantuan operasional sekolah (BOS) juga menggratiskan biaya sekolah hingga tingkat SMA, sehingga pos anggaran untuk tingkat SMA, bisa dialihkan pada pemberian beasiswa bagi siswa/siswi tidak mampu dan berprestasi untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.
(A057)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012