Washington (ANTARA Kalbar/VoA) - Nakoula alias Sam Bacile, sutradara film “Innocence of Muslims" ditahan di penjara Federal Los Angeles, Jumat (28/9).

Warga California, Amerika, pembuat film anti-Islam yang telah menyulut protes maut selama berpekan-pekan di dunia Muslim ditahan di penjara federal di pusat kota Los Angeles, Metropolitan Detention Center, atas tuduhan pelanggaran masa percobaan.

Para pejabat federal, dengan alasan keamanan, tidak bersedia memberikan keterangan lebih lanjut mengenai kondisi penjara Basseley Nakoula, termasuk apakah ia ditahan di ruang khusus atau berbaur dengan tahanan-tahanan lain.  Juru bicara Biro Penjara Federal. Chris Burke, Jumat, hanya mengatakan, ia ditahan di fasilitas yang kini menampung 969 tahanan.

Metropolitan Detention Center biasanya digunakan untuk menampung tahanan yang kasusnya disidangkan di pengadilan federal terdekat dan mereka yang  menjalani masa hukuman singkat.

Nakoula – yang nama sesungguhnya Sam Bacile, sutradara film “Innocence of Muslims” – ditahan sebelumnya bulan ini untuk ditanyai oleh petugas pengawas hukuman percobaannya.

Film karya Nakoula -- yang menggambarkan Nabi Muhammad sebagai seorang preman yang keras-kepala -- menyinggung perasaan banyak kaum Muslim dan menyulut gelombang protes anti-Amerika yang telah menewaskan beberapa orang dan menimbulkan aksi pembakaran  terhadap kantor perwakilan, sekolah, dan perusahaan Amerika.

Di Pakistan, Menteri Urusan Kereta Api Ghulam Ahmad Bilour sempat menawarkan imbalan 100 ribu dolar pekan lalu bagi siapa saja yang berhasil membunuh Nakoula, meskipun belakangan perdana menteri negara itu membantah mengetahui adanya pernyataan itu.

 (VoA)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012