Pekanbaru (ANTARA Kalbar) - Perenang Hery dari Kalimantan Barat, kembali memecahkan rekor nasional dengan waktu 5,20.161 menit pada nomor 400 meter gaya bebas kelas S-9 putra Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XIV/2012 di Pekanbaru, Riau, Rabu.

Sebelumnya pada pertandingan hari kedua, Selasa (9/10) Hery mampu memecahkan rekor nasional dan Asia Tenggara untuk nomor 200 meter gaya bebas.

"Untuk hari ini saya gagal memecahkan rekor Asia Tenggara hanya dapat rekor nasional," kata Hery yang juga karyawan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat itu.

Menurut dia, sudah berupaya sekuat tenaga untuk menggapai rekor untuk yang kedua kali tapi nasib berkata lain.

Pada pertandingan nomor 400 meter gaya bebas itu medali perak diraih perenang Khairo Amali asal Riau dan perunggu oleh A Azwari dari DKI Jakarta.

Sebelumnya, Hery memecahkan rekor Asia Tenggara, Selasa, untuk nomor 200 meter gaya bebas kelas S-9 setelah menumbangkan A. Azwari dari DKI Jakarta.

Hery mengatakan dapat memecahkan rekor Asia Tenggara, setelah empat tahun diraih Aba Arnel dari Filipina.

Dia mengatakan bahwa untuk meraih rekor itu maka mempersiapkan latihan rutin selama enam bulan menjelang Peparnas XIV.

Bahkan latihan tersebut dilakukan bersama atlet renang Pelatda Kalimantan Barat yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012.

Padahal Hery pada Peparnas 2008 di Kalimantan Timur memecahkan rekor nasional dengan waktu 2,45.51 menit dan rekor Asia Tenggara dengan waktu 2,28.14 menit.

(A047)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012