Pekanbaru (ANTARA Kalbar) - Perenang Kevin Adetama asal Kalimantan Barat, memecahkan rekor nasional nomor 200 meter gaya bebas kelas S-14 Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XIV/2012 di Pekanbaru, Riau, Rabu.

Kevin mencatat waktu tercepat 2,21.30 menit sehingga meraih emas dan medali perak oleh Daniel Nugroho dari Jawa Tengah dengan waktu 2,26.92 menit.

Namun medali perunggu diraih perenang Muhammad Samsi dari Sulawesi Tengah dengan waktu 2,30.92 menit.

Pada pertandingan nomor 200 meter gaya bebas itu juga diikuti perenang Sandy dan Aji Santoso (Kalimantan Tengah), Habibi Septian asal Riau, Wahyu Rahmat dan Billy Suherman (Kalimantan Timur).

Sedangkan Kevin mampu menumbangkan rekor yang diciptakan perenang lain pada Peparnas 2008 di Kalimantan Timur dengan waktu 2,50.77 menit.

Walau begitu, Kevin belum mampu mengalahkan rekor Asia Tenggara yang diciptakan Kaewtrekun S asal Thailand pada 18 Agustus 2008 dengan waktu 2,28 detik.

Pelatih paralimpik Kalimantan Timur, Sabli Pontinga, mengatakan keberhasilan Kevin berkat mau berlatih dengan serius dan menjalani program dengan baik.

"Kevin juga disiplin saat latihan dan kadang mau latih tanding dengan perenang yang normal dan lupa bahwa dirinya cacat," katanya.

Dia mengatakan, semangat untuk mendapatkan medali itu sangat kuat pada diri Kevin karena didorong oleh seniornya Hary yang juga atlet paralimpik asal Kalimantan Barat.

Menurut dia, untuk menghadapi Peparnas 2012, Kevin sudah mempersiapkan diri selama empat bulan di kolam renang di Pontianak.

(A047)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012