Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan untuk memastikan kondisi keamanan hewan yang akan dikurbankan pada Hari  Idul Adha.

"Kita sudah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Kubu Raya, seperti di Kubu, dan Rasau. Semua kecamatan yang memiliki tempat penyembelihan hewan sebelum pemotongan akan diperiksa terlebih dahulu," kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya, Rini Apriyani di Sungai Raya, Minggu.

Rini menjelaskan jika saat ini sejumlah petugas telah berada di lapangan untuk melakukan pemantauan titik pemotongan hewan. Dari data tersebut, petugas akan memberikan informasi kepada bidang peternakan untuk dilakukan pemeriksaan.

Seperti yang dilakukan beberapa waktu lalu, lanjut Rini, pihaknya telah melakukan pemeriksaan hewan secara massal di Desa Jangkan. Dalam pemeriksaaan itu, sejumlah hewan harus diperiksa, apakah dalam kondisi sehat atau sedang sakit, seperti mengidap kurap atau lainnya.

Jika ditemukan hewan dalam kondisi sakit, tambah Rini maka yang harus dilakukan tindakan pemulihan dengan memberi obat yang dibutuhkan.

Dengan demikian, diharapkan hewan-hewan yang akan menjadi kurban sudah tidak bermasalah.

"Alhamdulillah, dari pemeriksaan hewan kemarin, semua dalam kondisi sehat," tuturnya.

"Pemeriksaan kesehatan hewan itu sangat penting, agar masyarakat tidak resah dengan daging hewan, sapi dan kambing yang akan dikonsumsi," kata Rini.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012