Makkah  (ANTARA Kalbar) - Pada Selasa malam ini sesudah isya sudah ada jamaah Indonesia yang bertalbiyah di Mina untuk persiapan wukuf di Arafah.

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Anggito Abimanyu di Makkah, Selasa, mengatakan sekitar 5-10 persen jamaah Indonesia akan bertalbiyah malam ini di Mina sebelum ke Arafah keesokan harinya.

Sementara secara resminya, jamaah Indonesia baru akan bergerak ke Arafah pada pukul 08:00 pagi waktu Saudi atau pukul 12.00 WIB.

Kegiatan talbiyah itu, menurut Anggito, bukan bagian dari ritual haji tetapi tradisi. "Jaman Nabi dulu, sebelum ke Arafah, Nabi berhenti di Mina mengisi perbekalan," kata Anggito.

Karena itu dia meminta agar tidak mempertentangkan kegiatan itu dengan pergerakan jamaah haji Indonesia lainnya pada Rabu esok (24/10).

Posisi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji dalam hal ini mendampingi jamaah yang akan bertalbiyah malam ini tetapi diingatkannya tidak bisa memberi fasilitas lain, seperti makan pagi pada Rabu esoknya.

Berkaitan dengan ini dia sudah meminta kelompok jamaah tersebut untuk membuat pernyataan bahwa mereka tidak akan mengajukan keberatan atas ketiadaan pelayanan tersebut.

Anggito menjelaskan dirinya sudah mendatangi sektor Indonesia yang akan bertalbiyah malam nanti dan meminta agar  jamaah yang sakit jangan diajak.

Ketika menjawab pertanyaan, dia mengatakan jumlah jamaah yang mulai bertalbiyah dari tahun ke tahun semakin banyak tetapi dia tidak tau jumlah tepatnya.

 "Mungkin sekitar ribuan dari tahun-tahun sebelumnya," kata Anggito.

Sementara Misi Haji Indonesia, parapetugasnya akan berangkat H-1 untuk mempersiapkan dan memastikan jamaah akan menempati sesuai maktabnya dan tidak ada jamaah nonkuota yang akan menempati maktab tersebut.

Jamaah Indonesia akan terbagi dalam 72 maktab, 70 akan ditempati jamaah reguler dan 2 untuk jamaah dari Penyelenggara Ibadah Haji Khusus.

Semua jamaah itu akan dilayani oleh katering dimana 50 persen dari muasasah dan sisanya oleh perusahaan katering swasta. Jamaah Indonesia akan masuk secara bergelombang.

Kegiatan utama selama wukuf adalah berdoa dengan diawali  kuthbah wukuf di masing-masing maktab. Ditenda utama, khutbah wukuf akan disampaikan oleh KH  Hasyim Muzadi, Naib (Wakil) Amirulhhajj tahun ini.

Wukuf pada  9 Zulhijah (25/10) dimulai pada pukul 11.15 hingga jelang subuh. Saat itu diyakini doa-doa yang dipanjatkan insyaallah dikabulkan.

Ketika ditanya tentang posisi Wapres RI, Anggito hingga saat ini dia belum mengetahui secara pasti, diharapkan bisa bergabung dengan tenda utama Misi Haji Indonesia.

Pada pukul 17.40 atau setelah magrib dan menjamak isya,  maka  jamaah Indonesia mulai digerakkan untuk mabit di Muzdalifah lalu ke Mina.

(E007*J003)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012