Ankara (ANTARA Kalbar/Xinhua-OANA) - Ketua Majelis (Parlemen) Iran Ali Larijani, Sabtu (24/11), mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan di Kota Terbesar Turki, Istanbul, mengenai krisis Suriah, sehari setelah ia bertemu dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad di Damaskus, kata harian lokal Today's Zaman.

Pertemuan antara Erdogan dan Larijani tersebut berlangsung selama dua jam di Kantor Erdogan di Domabahce di Istanbul, Sabtu sore, dan mereka membahas konflik Israel-Jalur Gaza, kata laporan itu sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Ahad pagi.

Sebelum pertemuannya dengan Erdogan, Larijani menghadiri pertemuan yang diselenggarakan di Kabupaten Halkali di Istanbul untuk mengenang syahidnya Husain ibn Ali ibn Abi Thalib, cucu Nabi Muhammad SAW, dalam Perang Karbala 1.372 tahun lalu pada 10 Muharram dalam kalender Islam, yang juga dikenal dengan Asyura.

Kunjungan Larijani ke Istanbul dilakukan setelah pertemuannya dengan sekutu Iran, Bashar al-Assad, di Ibu Kota Suriah, Damaskus, pada Jumat (23/11).

Larijani mengecam permintaan Turki baru-baru ini bagi penggelaran rudal Patriot dari NATO di perbatasannya dengan Suriah.

(C003)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012