Jakarta (ANTARA Kalbar) - Suzuki Ertiga dan Pick Up masih menjadi  penopang dan andalan penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada tahun 2013 karena tingginya permintaan dari konsumen di pasar dalam negeri.

"Untuk tahun 2013, SIS memproyeksikan meraih 15 persen pasar mobil nasional dan Suzuki Ertiga serta Pick Up masih memberikan kontribusi terbesar terhadap penjualan," kata Sales Director 4 Wheel PT SIS, Davy Tuilan, di Jakarta, Kamis.

Proyeksi 15 persen pasar mobil nasional, menurut Davy, belum termasuk target penjualan jika terlibat dalam proyek mobil murah dan ramah lingkungan atau "low cost and green car" (LCGC).

Pangsa pasar 15 persen tidak termasuk dalam penjualan produk LCGC. Jika kami terlibat dalam proyek tersebut, maka penjualan akan meningkat. Diperkirakan, pasar mobil nasional pada 2013 mencapai 1,2 juta unit, ujarnya.

Membaiknya kondisi makro ekonomi, iklim investasi dan tingkat suku bunga yang relatif membaik, lanjut Davy, akan meningkatkan minat masyarakat untuk membeli mobil. Dengan adanya program mobil murah dan ramah lingkungan pasar otomotif akan makin bertumbuh.

Suzuki berpotensi merevisi target jika program LCGC jadi direalisasikan tahun depan. Namun. pemerintah belum menuntaskan regulasi 'low carbon emission project' yang akan menjadi payung hukum dari kebijakan LCGC.

Davy menambahkan, hingga akhir tahun ini, Suzuki menargetkan penjualan mobil mencapai 128.000 unit.

(KR-IAZ)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012