Pontianak  (Antara Kalbar) - Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak menyatakan siap melakukan kerja sama dengan pihak PT PLN (Persero) Cabang kota setempat dalam memangkas pohon yang berada di sepanjang jalan-jalan protokol di kota itu agar tidak mengganggu distribusi energi listrik.

"Sebaiknya PLN sebelum melakukan pemangkasan pohon melakukan koordinasi dulu, sehingga kami bisa membantu, terutama pohon yang akan dipangkas termasuk pohon tanaman kami," kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Pontianak, Utin Srilena Candramidi di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah pengalaman dalam melakukan pemangkasan pohon, serta mempunyai sarana dan prasarana untuk memangkas pohon tersebut.

"Pihak PLN cukup mengirim surat atau melalui telepon, akan langsung kami tindaklanjuti," ujar Utin.

Menurut Utin, saat ini pihaknya sudah melakukan pemangkasan pohon di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Perintis Kemerdekaan di sekitar Jembatan Kapuas I.

Sementara itu, Manajer PLN Cabang Pontianak Pugi Wasi Jatmika menyatakan, pihaknya saat ini melakukan pemangkasan pada pohon-pohon yang dahannya sudah terkena jaringan listrik.

"Pemangkasan tersebut dilakukan agar dahan pohon tidak sampai mengganggu distribusi energi listrik ke pelanggan, serta tidak membahayakan keselamatan masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Pugi menambakan, saat ini masih banyak masyarakat yang keberatan pohon di depan rumahnya di pangkas.

"Padahal kami tidak melakukan penebangan, tetapi memangkas dahan pohon yang terkena atau mengganggu aliran listrik," ujarnya.
(A057)

Pewarta: Andilala

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013