Pontianak (Antara Kalbar) - Provinsi Kalimantan Barat menjadi tuan rumah Sukan atau Kejuaraan Kesehatan Muhibah Borneo 2013 yang dipusatkan di Pontianak, 21 - 22 Maret.

Menurut Ketua Panitia Andy Jap di sela pembukaan di Gedung Olahraga Pangsuma, Kamis, kejuaraan tersebut melibatkan negara di Pulau Borneo.

"Ada Sarawak, Sabah, Brunei Darussalam, Kaltim serta Kalbar selaku tuan rumah," ujar dia.

Selain olahraga prestasi, juga digelar olahraga rekreasi, pameran serta karya ilmiah.

Tercatat sekitar 600 perserta yang ikut dalam sukan tersebut. Kalbar sendiri baru dua kali ikut serta selama enam kali pelaksanaan.

Asisten III Setda Kalbar, Kartius mengatakan, Kalbar bangga mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah olahraga insan kesehatan sejumlah negara di Pulau Kalimantan itu.

"Kali ini bertepatan dengan peringatan kulminasi, yakni posisi matahari tepat di garis khatulistiwa. Kulminasi ini terjadi antara tanggal 21 - 23 di bulan Maret dan September," ujar Kartius.

Dirjen P2PL (Pengendalian Penyakit dan Pengendalian Lingkungan) Kementerian Kesehatan, Chandra Yuda mengatakan, kerja sama tidak hanya tentang isu-isu kesehatan.

"Tetapi olahraga juga mempunyai nilai kebersamaan yang tinggi," ujar Chandra Yuda.

Cabang olahraga yang dilombakan untuk prestasi yakni diantaranya tenis meja, biliar, tenis lapangan, badminton, voli, futsal dan golf. Sedangkan untuk rekreasi berupa tarik tambang dan poco-poco.

(T011/N002)

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013