Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak pada tahun anggaran 2013 mendapat bantuan dari APBN sebesar Rp200 miliar untuk pembangunan "Waterfront City" guna pengembangan pariwisata Sungai Kapuas di kota itu.

"Saat ini kami sedang membangun turap menggunakan pondasi beton mulai dari Taman Alun-alun Kapuas hingga kawasan Pasar Tengah dan Kapuas Besar," kata Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Perumahan Kota Pontianak, Ismail, Kamis.

Ismail menjelaskan, selain menggunakan APBN Pontianak, pembangunan "Waterfront City" juga menggunakan APBD.

Menurut dia, sepanjang pinggiran Sungai Kapuas Pontianak yang sudah dilakukan penurapan itu, nantinya ditimbun tanah, lalu kemudian dibangun jalan paralel dengan lebar minimal sepuluh meter.

"Hingga saat ini, penataan kawasan pariwisata di Kota Pontianak, yang baru selesai dibangun, yakni di kawasan Taman Alun-alun Kapuas," ungkapnya.

Ke depan, setelah pembangunan turap selesai, baru dilanjutkan pembangunan jalan, serta penataan kawasan rumah toko yang berdiri di sepanjang Sungai Kapuas itu.

Pemkot Pontianak, saat ini sudah melakukan penataan secara menyeluruh kawasan Taman Alun-alun Kapuas, dengan memperbanyak ruang terbuka hijau, serta mempercantiknya dengan fasilitas air mancur.

Kini luas Taman Alun-alun Kapuas sudah sekitar tiga hektare dari sebelum direklamasi atau ditata ulang sekitar 1,5 hektare.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Pontianak, belum lengkap kalau tidak berkunjung ke taman alun-alun itu, karena lokasinya yang strategis berada di tengah-tengah kota itu. Apalagi keberadaan taman itu tepat di depan Kantor Wali Kota Pontianak, Jalan Rahadi Usman dan di pinggir Sungai Kapuas.


(A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013