Semarang (Antara Kalbar) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh menjamin kesiapan pelaksanaan Ujian Nasional 2013 pada April mendatang meski mekanismenya yang agak berbeda dibanding tahun sebelumnya.

"Siap, Insya Allah, nanti tanggal 15 April 2013 (UN, red.) akan bisa dilaksanakan. Semuanya siap," katanya usai menghadiri Upacara Dies Natalis Ke-48 Universitas Negeri Semarang (Unnes), di Semarang, Sabtu.

Ia mengatakan pihaknya baru saja melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke salah satu perusahaan percetakan untuk naskah soal UN di Jawa Tengah, yakni PT Pura Group Kudus, Jumat (29/3) dan hasilnya mereka siap.

Menurut dia, seluruh proses pencetakan naskah soal UN diharapkan selesai minggu depan sehingga masih ada waktu satu minggu untuk melakukan distribusi naskah UN tersebut ke seluruh wilayah kabupaten/kota.

"Memang ada yang agak berbeda dalam UN tahun ini dibandingkan sebelumnya, seperti variasi paket soal UN yang mencapai 20 paket untuk setiap ruang ujian. Kalau dulu hanya ada variasi lima paket soal," katanya.

Untuk kode paket soal UN, kata dia, kalau dulu ditulis dengan huruf, yakni A, B, C, D, dan E, sementara untuk tahun ini menggunakan sistem "barcode" dalam membedakan masing-masing variasi paket soal.

"Kalau dulu bisa dibaca kodenya, seperti A, B, C, D begitu sehingga orang mudah menipu, dan seterusnya. Sekarang sudah susah karena memakai sistem 'barcode' sehingga butuh mesin untuk membacanya," katanya.

Mendikbud juga menjamin pelaksanaan UN 2013 akan berjalan secara aman, seraya mengingatkan hal terpenting adalah membuat para peserta UN untuk tetap semangat dan belajar dalam menghadapi pelaksanaan UN.

Selain itu, kata dia, hasil UN dan nilai rapor sekarang sudah bisa dipakai untuk mengikuti seleksi masuk ke perguruan tinggi, termasuk melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Untuk masuk PTN, sekarang cukup memakai nilai UN dan rapor. Oleh Karena itu, mudah-mudahan mereka (peserta UN, red.) bisa semangat dan hasilnya bagus. Sebab, UN kan bisa untuk masuk perguruan tinggi," kata Nuh.

Pelaksanaan UN SMA dan sederajat dijadwalkan pada 15-17 April 2013, UN SMP dan sederajat rencananya digelar pada 22-25 April 2013, sementara untuk UN jenjang SD dan sederajat dijadwalkan pada awal Mei 2013.

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013