Jakarta (Antara Kalbar) - Pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara, seperti F-16 dan Sukhoi tidak akan ditampilkan dalam peringatan HUT ke-67 TNI AU, 9 April 2013 lantaran sejumlah pesawat difokuskan untuk persiapan latihan gabungan pada Mei 2013.

"Sejumlah alutsista (pesawat) tidak dapat ditampilkan dalam memeriahkan HUT TNI AU kali ini karena difokuskan untuk latgab," kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia seusai geladi bersih  HUT ke-67 TNI AU di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu.

Kendati demikian, katanya, TNI AU akan tetap menampilkan dua tim aerobatik kebanggaan Indonesia, yaitu 'Jupiter Aerobatic Team' (JAT) dari Skadron Pendidikan 102 Lanud Adi Sutjipto dan 'Team Dynamic Pegasus' Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma Kalijati Subang, Jawa Barat.

Tim Aerobatik Jupiter akan menggunakan pesawat KT-1 Wong Bee buatan Korea yang diawaki oleh para instruktur penerbang menggunakan tujuh pesawat.

Persiapan pelaksanaan HUT TNI AU terus dimatangkan, sehingga diharapkan dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Selain melakukan acara puncak peringatan HUT TNI AU melalui atraksi udara, kata dia, TNI AU juga melaksanakan donor darah, lomba pidato bahasa Inggris, ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata pada Senin (8/4) serta penanaman pohon di area Skadron Udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma sebagai dukungan TNI AU terhadap gerakan hijau.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama TNI Azman Yunus mengatakan pada peringatan HUT TNI AU sebelumnya, sejumlah alutsista yang berada di beberapa Lanud diikutsertakan, seperti Lanud di Pontianak, Pekanbaru, Makasar dan Madiun.

"Pada HUT ke-67 ini, mereka akan lebih kosentrasikan pada latgab di bulan Mei 2013," ujarnya.

 Ia menjelaskan, Tim Aerobatik Jupiter melakukan tarian udaranya dengan beberupa manuver di antaranya Jupiter Roll, LoopXClover Leap, Mirror, Tango to dan Jupiter Roll back, Hi 'G' TurnRoll Slide dan Break Off," katanya.

Sementara Tim Dynamic Pegasus (TDP) menggunakan tujuh pesawat helikopter EC-120 Colibri dengan manuver yang akan ditampilkan antara lain Pegasus cross, Head On, Water Fall, Pegasus Love Tactical, Huming Bird Kiss dan Sparkling.

JAT yang beberapa kali tampil di hadapan masyarakat Indonesia di antaranya HUT ke-66 TNI AU, HUT TNI, Yogyakarta Air Show, Makassar, Palembang dan Bandung Air Show, serta tampil dalam event internasional seperti perayaan 100 tahun penerbangan Thailand, di Bangkok tahun 2012.

Selain penampilan kedua tim aerobatic tersebut, kata Kadispenau, langit Jakarta juga akan dihiasi oleh sekitar 200 peterjun 'free fall' Korpaskhas yang berkualifikasi Para Lanjut Tempur (PLT) menggunakan tiga pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma dan beberapa peterjun akan menampilkan pendaratan pada perahu Landing Craft Rubber (LCR).  

Korpaskhas juga akan menampilkan keterampilan Tim Bravo'90 dalam simulasi menembak jarak dekat secara bersamaan dan berhadapan serta Halang Rintang (HR).

"Sebanyak 2.163 personel disiapkan untuk memeriahkan HUT TNI AU yang bertema 'Dengan Profesionalisme dan Dedikasi yang Tinggi, TNI AU Siap Menjaga Kedaulatan Negara di Udara Demi Keutuhan NKRI'," kata Azman.

Dalam upacara nanti juga akan diberikan tanda jasa kepada beberapa prajurit yang berprestasi, antara lain, tanda jasa Swabuana Paksa Nararya, Stya Lencana Kesetiaan untuk masa bakti selama 8 tahun, 16 tahun, 24 tahun dan 32 tahun.

Pewarta: Syaiful Hakim

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013