Los Angeles (Antara Kalbar/Reuters) - Pernah bertanya-tanya kira-kira apa yang ada di benak penulis J.K Rowling saat ia menulis novel pertama "Harry Potter"?
   
Para penggemar buku tentang bocah penyihir ini akan berkesempatan mendapatkan edisi unik pertama "Harry Potter and the Philosopher's Stone" dengan catatan si penulis, dalam sebuah lelang amal bulan ini, kata organisasi English PEN, Jumat.

Buku tersebut berisi coretan pemikiran Rowling serta komentar mengenai buku dan adaptasi filmnya, dengan 22 gambar tangan ilustrasi termasuk gambar bayi Harry dan kepala sekolah Hogwarts, Albus Dumbledore.

Buku ini juga memasukkan segmen setebal 43 halaman berisi "pemikiran lain" si penulis, dengan frasa-frasa seperti "Aku menulis buku ... dengan mencuri-curi waktu, dalam kafe yang berisik atau di penghujung malam. Bagiku, cerita tentang bagaimana aku menulis 'Harry Potter and the Philosopher's Stone' tampak tanpa tertulis di setiap halaman, hanya terbaca olehku..."
   
Buku tersebut merupakan satu dari 51 buku edisi pertama dengan catatan para penulisnya, yang akan dilelang pada 21 Mei, termasuk "Bridget Jones's Diary" karya Helen Fielding, "Northern Lights" karya Philip Pullman, dan "Matilda" karya Roald Dahl dengan ilustrasi asli dari Quentin Blake.

Novel fiksi tujuh seri "Harry Potter" tentang petualangan bocah penyihir, menjadi novel terlaris yang telah diadaptasi menjadi film bernilai miliaran dolar AS.

"Harry Potter and the Philosopher's Stone" adalah novel pertama yang diterbitkan pada 1997 dan merupakan seri terlangka karena hanya dicetak sebanyak 500 eksemplar.

Dalam lelang pada Oktober 2007, edisi pertama buku itu terjual dengan harga 19.700 pondsterling (29.878 dolar AS) dan buku-buku unik yang akan dilelang di Sotheby's London nanti diperkirakan bisa terjual dengan harga tinggi.

(S. Haryati)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013