Singkawang (Antara Kalbar) - Wali Kota Singkawang Awang Ishack  mengatakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Singkawang tahun 2013 – 2017 menjadi media utama konsultasi publik bagi pemangku kepentingan dalam menyelaraskan visi dan misi, isu strategis dan prioritas pembangunan.

Musrenbang  yang dilaksanakan di Balairung Kantor Walikota, Senin (8/7), menjabarkan visi pimpinan baru yaitu “Singkawang aman, nyaman, maju dan sejahtera berbasis jasa, perdagangan dan argo industri” dalam rencana strategisnya, sementara air bersih menjadi prioritas yang utama.

Menurut Awang, kondisi PDAM sekarang dengan tingkat kebocoran tinggi dan manajemen SDM yang kurang sehat akan ditimbang kembali untuk menjadi BUMD atau diserahkan ke pihak swasta yang lebih profesional.

Wali Kota menilai dengan diserahkannya ke swasta, maka pemerintah kota hanya pada posisi membuat regulasi dan sistem retribusi. Saat ini PDAM sedang dijajaki pihak swasta yang berkehendak menjadi investor dengan menyusun studi kelayakan.

Di sektor pendidikan,  pasangan Aidol bertekad untuk menata kembali pendidikan di Kota Singkawang. Langkah awalnya, kata Awang, ingin mengklasifikasikan sekolah Singkawang dengan perda berbasis lingkungan dan mengkategori pendidikan dasar 6 tahun dan pendidikan menengah enam tahun.

Di bidang kesehatan, Awang mengatakan perlunya meningkatkan pelayanan dasar kesehatan dan KB di sembilan titik Puskesmas yang ada di Kota Singkawang. Untuk rencana ke depan Kota Singkawang dapat dijadikan sebagai penyangga Provinsi Kalbar di bagian utara.

Di bidang Ekonomi, perlunya menata pasar yang ada, Awang Ishak bertekad untuk membangun lima titik pasar yang tersebar di lima kecamatan dalam lima tahun ini, dengan harapan geliat ekonomi masyarakat merata.

Kepala Bappeda Provinsi Kalbar, Robet Nusanto mengatakan perlunya keterpaduan yang sistematis untuk mengurangi angka pengangguran. Dengan ketersediaan sumber daya termasuk pembiayaan, Pemkot Singkawang perlu upaya yang inovatif dan kreatif untuk memperkuat peran swasta dan masyarakat.  (HUM/HR)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013