Jakarta (Antara Kalbar) - Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang melalui anak perusahannya PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan memulai produksi mesin di pabrik barunya pada 2016 mendatang.

Dalam siaran pers yang diterima Rabu disebutkan, pabrik yang berlokasi tidak jauh dari pabrik TMMIN Karawang tersebut akan memproduksi semua mesin kendaraan selain International Innovative Multi-Purpose Vehicle (IMV).

Sebelumnya, Toyota telah melakukan pembelian lahan seluas 150 hektar yang akan digunakan untuk pembangunan pabrik mesin baru tersebut pada bulan November tahun 2012 lalu.

Pabrik dengan kapasitas produksi mencapai 216.000 unit pertahun ini menelan investasi sebesar Rp2,3 triliun atau sekitar 23 miliar yen.

TMMIN juga berencana untuk menambah tenaga kerja sebanyak 400 orang seiring dengan adanya aktivitas produksi di pabrik tersebut, dan lebih dari 50 persen hasil produksi akan diekspor ke pasar global.

Saat ini TMMIN memproduksi sekitar 195.000 unit mesin per tahun untuk jenis kendaraan IMV di Pabrik Sunter 1 Jakarta Utara untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan juga ekspor ke beberapa negara di kawasan ASEAN, Amerika Latin serta Afrika.

Kombinasi pabrik mesin yang telah ada dan pabrik mesin baru akan menjadikan TMMIN sebagai salah satu basis produksi dan suplai yang sangat penting bagi Toyota secara global.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013