Sekadau (Antara kalbar) -Unit Pelaksana Teknis Daerah  (UPTD) Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM Kabupaten Sekadau sebagai unit pemasangan jaringan air bersih sudah memasang 3.042 sambungan hingga Juni 2013.

"Pemasangan berjalan lancar, semua itu dilakukan oleh petugas kita," ungkap  Kepala UPTD Sistem Pengolahan Air Minum Kabupaten Sekadau, Yok Kelak di Sekadau, Jumat.

Yok sapaan akrabnya merincikan, untuk kota Sekadau total sambungan yang sudah dipasang sebanyak 2.076 sambungan. Di Rawak, ibukota Kecamatan Sekadau Hulu jaringan yang sudah dipasang berjumlah 473 sambungan, Nanga Taman sebanyak 328 sambungan, dan Dusun Meragun 165 sambungan.

"Untuk saat ini, pemasangan didominasi oleh rumah tinggal tipe B (rumah biasa). Pihaknya masih terus melakukan pemasangan di sejumlah wilayah. Untuk mensukseskan pemasangan, UPTD SPAM telah mengontrak tenaga honor sejumlah 23 orang. Di Kota Sekadau yang jumlah pelanggannya lebih banyak, UPTD menempatkan 16 petugas lapangan. Di Sekadau Hulu dan Nanga Taman masing-masing 3 petugas, serta di Sei Ayak 1 orang," terangnya.

Dia menambahkan, sejauh ini, pemasangan berlangsung lancar. Pihak UPTD SPAM sampai saat ini belum menerima adanya komplain dari masyarakat terkait pemasangan jaringan, baik soal kinerja petugas maupun soal harga.

“Sampai saat ini kita tidak menemui kendala. Dapat dikatakan proses pemasangan jaringan SPAM berlangsung lancar. Selain fokus pada pemasangan sambungan, UPTD SPAM kini tengah melakukan penertiban terhadap jaringan-jaringan lama. Zona penertiban mulai dari jembatan Sewa’k sampai jembatan Penanjung. Kita harapkan akhir tahun ini penertiban bisa rampung,” tegasnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013