Pontianak (Antara Kalbar) - Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia Provinsi Kalimantan Barat akan menggelar "Breastfeeding Fair 2013" terkait Pekan Menyusui Dunia awal Agustus lalu.

Menurut Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Provinsi Kalbar, Marsia Dewi di Pontianak, Selasa, kegiatan yang pertama kalinya digelar di Pontianak itu untuk mensosialisasikan tentang air susu ibu atau ASI ke masyarakat.

Tema kegiatan tersebut "Close to Mother, dengan harapan dapat menciptakan lingkungan yang mendukung ibu-ibu menyusui di Pontianak.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga untuk meningkatkan persentase ibu menyusui di Kota Pontianak.

Ia mengungkapkan, persentase ibu menyusui di Kota Pontianak masih belum memenuhi syarat. "Begitu pula dengan fasilitas pendukung bagi ibu menyusui," jelas ibu dua anak itu.

Ia berharap, kegiatan tersebut akan memicu semakin banyak masyarakat yang sadar pentingnya pemberian ASI bagi bayi dan mau mendukung ibu menyusui.

"Sasaran kami tidak hanya di Kota Pontianak tetapi juga Kalbar, demi generasi penerus yang lebih baik," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Breastfeeding Fair 2013 drg Rizki Pontiviana mengatakan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama dua hari pada 31 Agustus dan 1 September.

Pada 31 Agustus, dipusatkan di depan Gramedia Ayani Megamall Pontianak berupa talk show tentang dukungan ayah bagi ibu dan tumbuh kembang anak.

"Dilanjutkan dengan tema ibu hamil dalam menyiapkan kelahiran, lomba mewarnai, dan story telling," kata ibu satu putri ini.

Kemudian, lanjutnya, pada 1 September kegiatan berlangsung di parkir kantor Dinas Kesehatan Kota Pontianak berupa jalan santai sebagai bentuk untuk .

"Jalan sehat itu kami anggap untuk menyuarakan kebutuhan dukungan bagi ibu menyusui kepada masyarakat," jelasnya.

Pontiviana menambahkan, talk show untuk para ayah akan dihadiri Sogi Indra Duaja yang aktif di komunitas Ayah Asi Indonesia.

"Untuk itu kami harap para calon ibu, ibu-ibu, para calon ayah dan ayah-ayah dapat menghadiri acara yang kami gelar," katanya.

(Z002)

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013