Jakarta (Antara Kalbar) - Gerakan Indonesia Mengajar akan mengadakan festival yang mengajak ribuan relawan pengunjung untuk melakukan kerja bakti mendukung pendidikan di daerah terpencil Indonesia.

Siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa malam, menyebutkan Festival Gerakan Indonesia Mengajar akan diadakan di Ecovention Hall, Ancol, Jakarta Utara, pada 5-6 Oktober 2013.

Acara ini diselenggarakan untuk menghormati seluruh bakti guru, kepala sekolah, pejabat pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tentara perbatasan, dokter daerah terpencil dan barisan orang lain yang tetap bekerja demi generasi masa depan.

Dalam festival tersebut, ribuan relawan akan diajak untuk bersama-sama membuat materi belajar bagi pendidikan Sekolah Dasar (SD) di ujung republik.

Selain itu, mereka juga diajak untuk mewujudkan jejaring persaudaraan dengan daerah-daerah penempatan Pengajar Muda dengan menuliskan Surat Semangat untuk para guru dan siswa disana.

Para relawan pengunjung juga akan diajak untuk membuat Kartupedia sebagai media belajar dan bermain di daerah pedesaan serta memilihkan buku terbaik, mengemas dan mengirimkan untuk memperkaya literatur pustaka desa melalui Kotak Cakrawala.

"Kita minim punya kesempatan untuk bekerja nyata di tempat-tempat itu bersama mereka, karena itu giliran kita melakukan kerja bakti untuk menemani para pejuang pendidikan yang ada disana," menurut rilis pers itu.

Gerakan Indonesia Mengajar telah merekrut, melatih dan mengirim generasi muda terbaik bangsa ke berbagai daerah di Indonesia untuk mengabdi sebagai pengajar muda di SD dan masyarakat selama setahun.

Gerakan ini memiliki misi ganda yaitu membantu mengisi kekurangan guru berkualitas di daerah yang membutuhkan serta menjadi wahana belajar kepemimpinan bagi anak-anak muda terbaik Indonesia agar memiliki kompetensi kelas dunia.

Hingga saat ini, Indonesia Mengajar telah mengirimkan 367 Pengajar Muda untuk mengajar di 126 SD pada 17 kabupaten dari Aceh Utara di Sumatera sampai Fakfak di Papua.

Para pengajar muda direkrut dari para pelamar yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan totalnya sampai angkatan VII adalah sebanyak 40.194 pelamar.

Menurut rencana, Indonesia Mengajar akan memberangkatkan 52 calon pengajar muda angkatan VII pada akhir tahun 2013.

Pewarta: Satyagraha

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013