Jakarta (Antara Kalbar) - Sebanyak 1.200 pemimpin bisnis dijadwalkan akan menghadiri gelaran Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) pada 1-8 Oktober di Nusa Dua, Bali, kata pejabat Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Para pemimpin bisnis itu akan datang pada pertemuan CEO APEC. Gelaran APEC 2013 akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Gatot Dewa Broto di Jakarta, Jumat.

Sejumlah kepala negara, pemimpin sektor swasta dan tokoh-tokoh berpengaruh di kawasan juga dijadwalkan menjadi pembicara dalam rangkaian konferensi tersebut, ujar Gatot.

Namun sejumlah negara partisipan dinyatakan belum mengagendakan pertemuan bilateral, meskipun sejumlah pemimpin negara seperti Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden China Xi Jinping sudah mengkonfirmasi akan hadir.

Penyelenggaraan APEC yang akan diisi berbagai rangkaian acara membahas agenda-agenda krusial di kawasan, seperti pemberdayaan dan peningkatan peran perempuan, industri dan ekonomi kreatif, pembangunan infrastruktur, teknologi komunikasi dan informatika serta penyertaan finansial.

Indonesia selaku tuan rumah dalam penyelenggaraan APEC 2013 mengusung tema "Resilent Asia Pacific, and Engine of Global Growth", dengan tiga prioritas utama yang hendak dicapai yakni mewujudkan pencapaian "Bogor Goals" yang membahas perluasan perdagangan, investasi dan reformasi struktural, kemudian prioritas untuk pertumbuhan yang berkelanjutan dan merata serta pembangunan konektivitas.

Hingga Jumat (6/9), panitia nasional APEC mencatat sebanyak 2.300 jurnalis dari berbagai negara akan menyebarkan berita dari KTT APEC ke seluruh dunia. 
 

Pewarta: Indra Arief Pribadi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013