Pontianak(Antara Kalbar) - Pasangan calon wali kota dan wakil wali Kota Pontianak Sutarmidji (petahana) - Edi Rusdi Kamtono menyatakan, akan memfokuskan penataan drainase dalam mengatasi atau mencegah banjir di kota itu ketika musim hujan.

"Seandainya terpilih lagi, saya akan memfokuskan penataan drainase yang ada, agar ketika musim hujan air cepat turun ke Sungai Kapuas," kata Sutarmidji seusai melakukan kampanye di kawasan Kecamatan Pontianak Selatan, Kamis.

Ia menjelaskan, kalau drainase tidak bagus, bukannya tidak mungkin musim hujan beberapa kawasan rendah Kota Pontianak akan mudah tergenang air akibat saluran airnya yang sumbat.

"Kami akan melakukan penataan secara menyeluruh terkait drainase, agar ke depannya ketika musim hujan beberapa kawasan Kota Pontianak tidak mudah tergenang air," ungkapnya.

Drainase, menurut Sutarmidji, sangat penting bagi pergerakan air di tengah kota, sebab drainase yang dibangun saat ini dinilai belum mampu menampung kapasitas air hujan akibat banyaknya drainase yang sumbat, karena sampah.

"Kami ke depannya dalam pembangunan, tidak harus hanya fokus terhadap perbaikan dan peningkatan kualitas jalan, tetapi juga fokus terhadap pembangunan drainase yang masih banyak dikeluhkan warga," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, calon wali kota Pontianak Sutarmidji membantah semasa menjabat sebelumnya menutup parit atau memperkecil parit dalam pelebaran jalan-jalan protokol di kota itu.

"Yang ada kami hanya melakukan pembangunan turap parit atau sungai menggunakan pondasi beton sehingga tidak mudah abrasi," katanya.

Dia justru lebih banyak melakukan penataan parit-parit yang ada di Kota Pontianak, contohnya Parit Tokaya malah dilakukan pelebaran.

"Jadi tidak benar kami telah menutup parit, justru saya tidak akan menutup parit, malah melebarkan parit-parit yang ada agar berfungsi sebagai saluran pembuangan dan mencegah banjir di Kota Pontianak," ungkapnya.

Bahkan menurut Sutarmidji, saluran parit di sepanjang Jalan Tabrani Ahamad, Danau Sentarum Dr Wahidin dibuat duluan sebelum jalannya di lakukan pelebaran.

"Bahkan sekarang, parit di depan Kantor Pajak Pontianak, Jalan Ahmad Yani sekarang dilakukan pelebaran," ujarnya.







(A057/N005) 

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013