Belitang Hilir (Antara Kalbar) - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di wilayah Kecamatan Belitang Hilir, yang dilaksanakan pada Sabtu 5 Oktober secara umum berlangsung lancar dan aman, juga peran serta masyarakat proaktif menggunakan hak pilihnya.

"Apresiasi peran semua pihak yang terlibat dalam proses Pilkades hingga selesai dengan lancar. Juga saya sampaikan terimakasih kepada masyarakat Belitang Hilir yang telah berpartisipasi dalam mendukung Pilkades, sehingga pelaksanaan Pilkades berjalan lancar, aman dan tertib, ” kata Camat Belitang Hilir, Paulus Misi,  Senin (7/10).

Misi menilai, masyarakat pemilih di Kecamatan Belitang Hilir sudah cerdas dalam mengikuti proses demokrasi. Juga keamanan dan ketertiban berhasil dijaga pendukung kandidat terpilih maupun kandidat kepala desa yang kalah. Ini sesuai dengan deklarasi damai 20 September lalu.

Seperti diketahui, Pilkades di Kecamatan Belitang Hilir meliputi Desa Sungai Ayak I, Desa Sungai Ayak II, Desa Tapang Pulau, Desa Entabuk, Desa Merbang, Desa Menawai, Desa Semadu, Desa Kumpang Bis (SP10) dan Desa Empajak. Desa Empajak adalah satu dari Desa pemekaran di wilayah Kecamatan Belitang Hilir.

Hasil Pilkades Sabtu (5/10) di Desa Sungai Ayak II, Desa Entabuk, Desa Tapang Pulau, dan Desa Merbang masih digawangi kandidat petahana (Incumbent). Sementara hasil Pilkades di Lima Desa yakni Desa Sungai Ayak I, Desa Semadu, Desa Kumpang Bis (SP 10), Desa Empajak dan Desa Menawai digawangi wajah Kepala Desa Baru.

"Kita berpesan agar kandidat yang terpilih dalam Pilkades tidak memegahkan diri. Kepada kandidat yang belum mendapat kesempatan menang supaya tidak terlarut dengan perasaan kecewa dan bersedih. Ini proses demokrasi, memang harus ada yang menang dan kalah. Kepada yang terpilih agar menjalankan program kerja dengan baik seperti yang tertuang dalam visi misi demi kemajuan desa masing-masing,”katanya mengingatkan.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013