Sekadau (Antara Kalbar) - Kecamatan Belitang Hulu, menjadi kecamatan terakhir di Kabupaten Sekadau yang menyelenggarakan sejumlah Pilkades dimulai sejak Senin (7/10).

Pilkades di Kabupaten Sekadau tahun 2013 digelar di 64 desa dari 87 desa yang ada. Kecamatan Sekadau Hilir mendapat kesempatan pertama untuk memulai jalannya Pilkades, disusul Kecamatan Sekadau Hulu, Nanga Taman, Nanga Mahap, Belitang, Belitang Hilir dan terakhir Kecamatan Belitang Hulu.

"Terima kasih kepada pantia pelaksana Pilkades, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda dan seluruh masyarakat di Belitang Hulu yang sudah membantu menyukseskan jalannya Pilkades, dengan lancar dan kondusif. Ini tentu harus dipertahankan, masih ada ada delapan Desa di Kecamatan Belitang Hulu yang akan segera menyusul pelaksanan pilkades Oktober ini.” kata  Camat Belitang Hulu, Yafet Simon, saat dihubungi Selasa.

Empat Desa yang sudah melaksanakan Pilkades yaitu Desa Belitang Hulu yakni, Terduk Dampak, Desa Sungai Antu, Desa Ijuk dan Desa Batuk Mulau. Pelaksanaan Pilkades di ke empat Desa tersebut berjalan aman dan kondusif.

Data sementara yang berhasil dihimpun, hasil perolehan suara Pilkades di Desa Sungai Antu sementara kandidat atas nama Saleh mendapat suara terbanyak. Saleh  yang juga Plt. Sekdes Desa Sungai Antu Hulu  memproleh suara 405 dari 957 pemilih. Saleh unggul atas empat calon lain.

Sementara itu Warga Desa Sungai Antu Hulu, Libertus dihubungi via telepon menyatakan secara umum jalannya Pilkades di desa mereka berlansung aman dan lancar. Pilkades berjalan lancar, panitia juga sudah bekerja dengan baik.

Di Desa Terduk Dampak, perolehan suara terbanyak dikoleksi Cakades petahana (incumbent), Lazarus. Ia memperoleh 237 suara, mengalahkan tandingannya, Yosia. F mengumpulkan 213 suara.

Sementara itu, Pilkades digelar di Desa Ijuk dan Desa Batuk Mulau (8/10). Namun hingga berita ini diturunkan, belum diketahui hasil perolehan suara masing-masing kandidat.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013