Sungai Raya (Antara) - Warga Sungai Udang, Kecamatan Sungai Kakap,  Kabupaten Kubu Raya, berhasil menangkap buaya seberat 300 kilogram yang selama ini mengganggu warga sekitar aliran sungai.

"Selama dua bulan ini buaya itu terus membuat warga khawatir. Makanya warga sepakat untuk menangkap buaya tersebut dan tadi malam berhasil ditangkap," kata Toni Hatta, warga Sungai Udang yang ikut menangkap buaya bersama warga lainnya.

Menurut dia, buaya yang diperkirakan seberat 300 kilogram itu memiliki ukuran panjang 3,51 meter.

"Tadi malam ada anak dari Jeruju Darat kasih tahu kami bahwa ada buaya muncul, dengan cepat kami langsung mengambil tindakan bersama warga lainnya," cerita Toni.

Dia juga menceritakan, buaya tersebut memang membuat masyarakat sekitar resah selama dua bulan terakhir. Sempat pernah ada upaya penangkapan dengan oleh warga bersama pawang buaya, namun tidak membuahkan hasil.

Namun, pada Selasa malam lalu, warga yang mengetahui keberadaan buaya tersebut langsung mengepung buaya itu dengan pukat harimau.

"Saya bersama warga lainnya yang menangkap sebanyak delapan orang. Karena daerah Sungai Udang tidak pernah mengalami kejadian ini, dan tak seorangpun tahu bagaimana cara menagkap buaya tersebut sehingga proses penangkapan berlangsung selama empat jam," katanya.

Dia mengaku, jenis buaya yang ditangkapnya inilah yang sering muncul dan mengganggu ternak bebek mereka yang berenang di sungai.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013