Jakarta (Antara Kalbar) - Operator seluler PT XL Axiata Tbk menargetkan jumlah pelanggan pengguna Android sekitar 4,5 juta pada akhir 2014, seiring makin populernya penggunaan Android belakangan ini.

"Tahun depan (2014) kami targetkan pelanggan Android XL akan menembus 4,5 juta, naik 15-20 persen dari pelanggan Android tahun 2013 yang hingga Oktober sudah mencapai sekitar 3,7 juta," kata General Manager EMC Segment Management XL, Indarto Gunawan Sutardi, di sela-sela peluncuran Kartu Perdana Android, XL Rumahnya Android, di Jakarta, Rabu.

Menurut Indarto, sistem operasi Android saat ini semakin menjadi pilihan utama pengguna smartphone di Tanah Air, selain dapat dimodifikasi bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, juga memiliki aplikasi dalam jumlah sangat besar.

Ia merujuk pada sebuah survei, bahwa Android merupakan platform paling populer bagi para pengembang, dan digunakan oleh 71 persen pengembang aplikasi seluler.

Android juga menjadi sistem operasi telepon pintar paling teratas yang paling banyak digunakan di dunia, mengalahkan posisi berturut-turut Symbian, BlackBerry, Ios, dan Windows.

"Momentum ini mendorong XL untuk menawarkan layanan yang spesial bagi pelanggan XL," ujarnya.

Salah satu terobosan yang dilakukan XL adalah dengan menerbitkan Kartu Perdana Android, yang diklaim dapat memberikan pengalaman pelanggan untuk menikmati layanan data dengan perangkat berbasis Android yang cepat, stabil dan hemat .

Kartu Perdana Android yang dibanderol seharga Rp49.000 ini, memberikan kuota layanan data 1,2 Gigabyte (GB) yang berlaku selama 12 bulan.

"Kartu Perdana Android ini juga mempermudah pelanggan menemukan dan memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan minat pengguna," ujarnya.

Untuk tahap awal Kartu Perdana Android XL akan disebar selama tiga bulan pertama sebesar 500.000 unit di seluruh Indonesia.

"Optimistis akan habis terserap di pasar sejalan dengan minat yang tinggi pengguna smartphone. Setelah itu kita akan tebar lagi sesuai dengan kapasitas pasar yang akan kita sasar," ujarnya.

Pewarta: Royke Sinaga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013